UU Korupsi India Buntu, Mogok Makan Berlanjut

Anna Hazare, tokoh anti korupsi India.
Sumber :
  • AP Photo/Mustafa Quraishi

VIVAnews - Aksi mogok makan menentang korupsi India yang dipimpin Anna Hazare sudah memasuki hari ke sembilan. Sampai saat ini, pembicaraan antara pihak Hazare dan pemerintah belum juga menemukan jalan keluar.

Dilansir dari laman CNN, Rabu, 24 Agustus 2011, Anna Hazare tampak lemah saat berbicara kepada ribuan pendukung di New Delhi. Ia berterima kasih pada mereka yang telah memberi energi yang diperlukan untuk mogok makan, menuntut dibentuknya undang-undang Jan Lokpal yang memungkinkan dibentuknya ombudsman independen pemberantasan korupsi.

Penasehat Hazare, Arvind Kerjiwal menyampaikan pada massa di lokasi bahwa ada tiga isu utama yang menjadi perhatian mereka sekarang. Hazare lalu menambahkan bahwa ia tidak akan berhenti mogok makan sebelum pemerintah mengabulkan permohonannya.

Pada Selasa, anggota parlemen India bertemu dengan perwakilan Hazare. Hal ini tampak sebagai tanda bahwa sebuah kompromi akan dicapai. Namun, ternyata perbincangan tidak berlangsung seperti yang diharapkan.

"Saat ini kami dan parlemen masih belum menemui jalan keluar, namun pembicaraan masih akan terus berlangsung. Kami akan terus berdiskusi," kata salah satu pendukung Hazare.

Parlemen India setuju mewujudkan UU Jan Lokpal, namun hanya setengahnya karena akan digabung dengan UU lain yang sudah mereka sahkan sebelumnya. Parlemen dan pendukung Hazare juga menemui kebuntuan dalam mengkompromikan masalah piagam warga negara, lokayukta, kebijakan otonomi, dan proses persetujuan dari parlemen.

Sebelumnya, Perdana Menteri India Manmohan Singh sempat menulis surat yang berisi kepeduliannya terhadap kondisi kesehatan Hazare. Dalam suratnya, Singh menyebutkan bahwa ia dan Hazare sebenarnya punya misi yang sama, namun jalan yang ditempuh untuk meraihnya yang berbeda.

Parlemen India sendiri sudah meminta Hazare untuk berhenti melakukan aksi mogok makan. Namun pria itu bersikukuh tidak akan berhenti karena menangkap adanya itikad kurang baik dari anggota parlemen. (eh)

Top Trending: Jerome Polin Jadi Sasaran Netizen hingga Imam Masjidil Haram Cari Kuliner Indomie
Truk diesel

Ini Dia Keunggulan Truk Listrik MAB Dibandingkan Truk Diesel yang Perlu Diketahui

Keunggulan dari truk listrik buatan MAB dibanding truk diesel, terdapat pada rolling chassis yang memiliki berat maksimal 8.000 kilogram dan bobot kosong 4.000 kilogram.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024