Didemo, PM Israel Janji Benahi Ekonomi

PM Israel, Benjamin Netanyahu.
Sumber :
  • Youtube

VIVAnews - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyatakan pemerintahnya akan melakukan perbaikan di bidang sosial dan ekonomi. Langkah ini diharapkan menjawab tuntutan ratusan ribu demonstran yang berdemo di Ibukota dan beberapa kota yang lain.

Dilansir dari laman Jerusalem Post, Minggu, 4 September 2011, Netanyahu berjanji untuk melakukan tindak nyata guna mengurangi biaya hidup dan membenahi kesenjangan sosial. Netanyahu juga mengatakan akan mengambil tindakan secepatnya untuk menyeimbangkan antara kesejahteraan sosial dan pemerataan perekonomian.

"Keseimbangan ini meliputi perekonomian Israel, negara Israel, rakyat Israel dan kesejahteraan nasional," kata Netanyahu.

Untuk melakukan hal tersebut, lanjut Netanyahu, Israel harus memiliki ekonomi kuat yang tidak tergoyahkan, tidak seperti negara-negara di Eropa yang sedang krisis. "Kami akan mempertahankan perekonomian dan membenahi apa yang perlu dibenahi," kata Netanyahu.

Kendati perekonomian Israel termasuk yang terkuat di kawasan, namun masih banyak warganya yang menganggur dan tidak memiliki rumah. Hal ini dikarenakan tingginya harga perumahan dan sedikitnya lapangan pekerjaan. Demonstran menuntut pemerintah segera mengambil tindakan. Demonstrasi terbesar tercatat Sabtu malam pekan lalu dengan 400.000 orang turun ke jalan-jalan Tel Aviv dan kota-kota lainnya.

Menjawab tuntutan tersebut, Netanyahu membentuk sebuah komite yang disebut sebagai komite Trajtenberg. Anggota komite terdiri dari para ahli yang akan merumuskan cara mewujudkan perumahan murah, penurunan harga, pendidikan gratis dan pemerataan kesejahteraan. Rekomendasi dari komite ini akan disampaikan pada akhir bulan ini.

"Saya yakin kita memiliki kesempatan yang baik untuk menerapkan perubahan yang bertanggungjawab," kata Netanyahu.

Sebagian dari ratusan ribu demonstran di Tel Aviv, Yerusalem dan Haifa mulai menggulung tenda mereka setelah berdemo Sabtu hingga Minggu kemarin. Mereka mengatakan sekarang saat untuk duduk dan melihat reaksi pemerintah. Telah lebih dari delapan bulan mereka tinggal di tenda tersebut.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh
Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024