Penguin Pemakan Pasir Dilepas ke Antartika

Happy Feet, penguin nyasar dilepas kembali ke alam liar.
Sumber :
  • AP Photo/Xinhua, Liu Jieqiu

VIVAnews - Seekor penguin kaisar yang terbawa arus hingga ke pantai Selandia Baru akhirnya dilepas kembali di perairan dekat Kutub Selatan. Penguin yang dijuluki Happy Feet ini tampak senang memulai perjalanannya kembali ke habitat asalnya di Samudra Antartika.

Dilansir laman BBC, Happy Feet dilepas dari kapal peneliti Selandia Baru, Tangaroa, pada Minggu pagi waktu setempat, 4 September 2011. Ia dilepas sekitar 80 kilometer di sebelah utara pulau utama Campbell Island.

Para dokter hewan memutuskan untuk melepaskan Happy Feet kembali ke alam liar setelah penguin itu pulih total dari operasi pengangkatan pasir seberat 3 kilogram dari perutnya. Minggu lalu, ratusan orang mengunjungi kebun binatang Wellington Zoo untuk memberi salam perpisahan pada si penguin.

"Perasaan ketika melihat pasien saya dilepas kembali ke alam liar benar-benar tak bisa dilukiskan," kata Dr. Lisa Argilla, manajer dokter hewan di Wellington Zoo, seperti dikutip CNN.

Penguin yang mendapatkan namanya dari sebuah film animasi itu, menurut Argilla, perlu sedikit dorongan untuk terjun dari kapal yang membawanya pulang. Ketika melihat laut, Happy Feet sempat terdiam sesaat, sebelum akhirnya menceburkan diri dan berenang.

Happy Feet terseret arus hingga pantai Selandia Baru pada Juni lalu. Dia menelan banyak pasir, mungkin dikiranya pasir itu adalah salju. Tindak penyelamatan dan pemulihan Happy Feet yang direkam setiap hari ditonton secara online oleh ribuan orang di seluruh dunia.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar
Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong tak lantas puas 100 persen saat berhasil mengalahkan Korea Selatan U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024