Singapura Siap Padamkan Api di Hutan RI

Kabut Asap
Sumber :
  • ANTARA/Untung Setiawan

VIVAnews - Pemerintah Singapura menawarkan bantuan untuk memadamkan kebakaran di Sumatera, Indonesia. Asap tebal akibat kebakaran tersebut dikhawatirkan mengganggu jalannya balapan Formula Satu di Singapura minggu depan.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Rabu 14 September 2011, Singapura bersedia menyediakan pesawat pemadam kebakaran untuk memadamkan api di hutan di Jambi. Kebakaran kebanyakan disebabkan oleh para petani ilegal dan perusahaan kelapa sawit yang membuka lahan dengan cara membakar tanaman.

"Kami punya satu tim yang siap membantu memadamkan api, ataupun membuat hujan buatan. Bantuan ini akan diberikan jika Indonesia memerlukannya," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Air Singapura, Vivian Balakrishan.

Sampai saat ini, belum ada permintaan dari pihak Indonesia. Vivian mengatakan pemerintah Indonesia sepertinya ingin mengatasi masalah itu sendiri.

Kebakaran hutan adalah peristiwa tahunan yang terjadi di Indonesia. Angin kencang membawa asap dari kebakaran ke Singapura dan Malaysia. Kabut tebal akibat asap membuat warga kedua negara mengeluh. Mereka mengaku mengalami gangguan kesehatan dan tidak dapat beraktivitas di luar rumah.

Kabut asap di Singapura akibat kebakaran di Jambi dikhawatirkan mengganggu jalannya balapan Formula Satu pada bulan ini. Tidak seperti biasanya, balapan kali ini akan dilangsungkan pada malam hari untuk menarik penonton TV dari belahan Eropa.

Malaysia telah berkali-kali menyampaikan protesnya mengenai hal ini. Awal minggu ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Malaysia, Douglaas Uggah Embas, menyatakan keprihatinannya atas 600 titik api di pulau Sumatra. (umi)

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata
Jorvan Veira

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Jorvan Vieira, nama yang mungkin asing bagi pecinta sepak bola di tanah air. Namun, di benua Asia, nama ini begitu harum dan dihormati. Beliau adalah pelatih asal Brasil

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024