AS Kembali Perbolehkan Gay Masuk Militer

Tentara homoseksual AS ikut pawai Gay Pride di San Diego.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake/Files

VIVAnews - Pemerintah Amerika Serikat akan segera mencabut larangan keanggotaan kaum homoseksual di bidang kemiliteran pada Selasa waktu setempat. Dengan dicabutnya larangan ini, para gay dan lesbian dapat dengan bebas mengungkapkan jati diri mereka tanpa takut diasingkan atau dikeluarkan.

Seperti dilansir dari kantor berita Reuters, 20 September 2011, juru bicara Pentagon, George Little, mengatakan keputusan pencabutan ini telah melalui berbagai proses yang panjang dan melelahkan. "Pencabutan larangan ini adalah sesuatu yang sudah lama kami ketahui. Kami telah melalui serangkaian proses untuk meresmikannya," kata Little.

Sebelumnya, masalah ini telah dihadirkan sebanyak empat kali di pengadilan banding federal pada tahun 2004 dan 2010. Peraturan larangan homoseksual di militer atau yang dikenal dengan "Jangan Tanya, Jangan Katakan" (Don't Ask, Don't Tell/DADT) ini disebut membatasi hak dasar para kaum gay di militer.

DADT telah diberlakukan sejak masa pemerintahan Bill Clinton pada 1993. Pentagon kala itu beralasan keberadaan gay di kemiliteran akan merendahkan moral dan beresiko mengurangi kinerja tentara di lapangan. Selain itu, adanya tentara homoseksual juga dikhawatirkan dapat meruntuhkan persatuan angkatan. Akibat peraturan ini, lebih dari 13 ribu tentara gay hingga tahun 2010 dipecat.

Presiden Barack Obama sejak masa kampanyenya tahun 2009 telah berjanji akan mencabut DADT. Selain melanggar hak asasi, Obama mengatakan akibat DADT, negara merugi jutaan dolar untuk merekrut tentara baru menggantikan mereka yang dipecat.

Kabar tentang pencabutan peraturan ini disambut gembira oleh Log Cabin Republican, kelompok  pejuang hak kaum gay. Mereka mengatakan bahwa DADT telah mengekang kebebasan dan hak-hak kaum gay di kemiliteran.

Namun, tidak sedikit yang menentang keputusan tersebut. Salah satunya adalah Komandan Angkatan Laut Jenderal James Amos yang mengatakan tentara akan tidak efektif dengan adanya anggota homoseksual.

Dengan dicabutnya larangan ini, AS akan menjadi negara ke-29 yang mengizinkan gay masuk tentara, mengikuti jejak Israel, Kanada, Jerman, dan Swedia. (eh)

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024