Perangi Korupsi Peru Pecat 30 Jenderal Polisi

Ollanta Humala, Presiden Peru
Sumber :
  • cnn.com

VIVAnews - Langkah serius diambil oleh Presiden Peru, Ollanta Humala, untuk memerangi korupsi di negaranya. Tak tanggung-tanggung, Ollanta memecat 30 dari 55 jenderal polisinya.

Sebelum aksi pemecatan ini, kepolisian Peru memiliki 55 jenderal, 900 kolonel, dan lebih dari 2.000 komandan. Jenderal yang 'dipaksa pensiun' itu diantaranya kepala kepolisian nasionalnya. Pemecatan ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah kepolisian Peru.

Namun, langkah pemecatan ini menuai kritik tajam untuk Presiden Humala. Sebagian pihak curiga Humala sengaja menempatkan orang-orang setianya ke posisi-posisi puncak.

Kepala Polisi Nasional Peru yang baru, Raul Salazar, menyebut perlunya memberantas korupsi sebanyak enam kali dalam pidato pelantikannya. "Kita harus membongkar korupsi yang mencoreng nama polisi. Dari hal yang paling kecil ke hal yang paling penting, sama saja jika yang dicuri hanya 1 sol [mata uang Peru] atau lebih," kata Salazar sebagaimana dilansir laman CNN.

Selain itu, saat diwawancarai media setempat, Salazar juga memprioritaskan perang terhadap peredaran obat-obatan terlarang.

Sementara itu, menurut Menteri Dalam Negeri Peru, Oscar Valdes, pensiun dini ini merupakan langkah reorganisasi institusi kepolisian yang dinilai terlalu gemuk. "Ini sudah dipelajari sebelumnya, untuk menata kembali institusi kepolisian. Sangat tidak mungkin kepolisian memiliki banyak sekali jenderal," jelas Valdes. (umi)

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024