Pasca Serangan, Inggris Usir Diplomat Iran

Mahasiswa Iran serbu Kedubes Inggris
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews -- Serangan para demonstran Iran ke Kedutaan Besar Inggris di Teheran, Iran -- yang merusak bangunan dan membakar bendera Inggris -- berbuntut panjang. Hubungan diplomatik dua negara makin memburuk.

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan

Pemerintah Inggris memutuskan untuk menutup Kedutaan Besar Iran di London dan mengusir semua stafnya, Rabu 30 November 2011. Alasannya, penyerbuan yang terjadi di Iran Selasa 29 November lalu tak mungkin terjadi tanpa pengetahuan dan persetujuan pemerintah setempat.

Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague mengatakan, Kedutaan Inggris di Teheran juga ditutup, semua stafnya dievakuasi.

Menanggapi keputusan tersebut, Iran memperingatkan, penutupan kedutaannya di London justru akan memicu aksi balasan.

Insiden yang terjadi Selasa kemarin adalah yang terburuk dalam hubungan dua negara. Ini dipicu keputusan Inggris dan negara-negara Barat lainnya yang menjatuhkan sanksi ekonomi atas Iran, terkait program pengayaan uranium.

Hague mengatakan, surat protes telah dilayangkan ke seluruh duta besar Iran yang berada di Uni Eropa terkait insiden penyerbuan ke Kedubes Inggris. Namun, negeri itu memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan Iran.

"Kuasa Usaha Iran di London telah menerima informasi, bahwa pihak kami meminta kedutaan mereka di London ditutup, dan semua staf diplomatiknya harus meninggalkan London dalam waktu 48 jam," kata Menlu Hague di hadapan parlemen Inggris, seperti dimuat Reuters, Kamis 1 Desember 2011.

"Kami telah menutup Kedubes di Teheran. Kami memutuskan untuk mengevakuasi semua staf."

Ini adalah krisis terburuk antara Iran dan Inggris, pasca pemulihan hubungan diplomatik dilakukan pada 1999, 10 tahun setelah Ayatullah Ruhollah Khomeini mengeluarkan fatwa mati pada penulis buku 'The Satanic Verses', Salman Rushdie.

Hague mengatakan, sangat aneh pemerintah Iran tidak bisa melindungi Kedutaan Besar Inggris, atau bahwa serangan itu bisa terjadi tanpa persetujuan penguasa sama sekali.

"Ini tidak sama dengan pemutusan hubungan diplomatik secara keseluruhan. Ini adalah tindakan untuk mengurangi hubungan Inggris dengan Iran ke tingkat terendah, namunĀ  konsisten dengan pemeliharaan hubungan diplomatik," tambahnya. (eh)

Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024