Australia Sumbang Rp20 Miliar untuk Indonesia

Latihan evakuasi banjir
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

VIVAnews – Australia memberikan bantuan kepada Indonesia sebesar 2,2 juta dolar Australia atau setara dengan Rp20,24 miliar, guna membantu Indonesia meningkatkan upaya tanggap bencana.

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Robilliard, menjelaskan bahwa bantuan tersebut dimaksudkan untuk membentuk dan memperkuat Satuan Reaksi Cepat Bencana di Indonesia.

“Indonesia adalah salah satu negara yang rawan terhadap bencana. Australia selama ini bermitra dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk melatih dan memerangkati satuan reaksi cepat bencananya,” kata Robilliard.

Robilliard mengingatkan, Satuan Reaksi Cepat Bencana adalah garda terdepan yang berperan penting dalam setiap bencana yang terjadi. “Ahli bencana yang terlatih dan capat tanggap bencana akan menyelamatkan nyawa,” ujarnya dalam Gelar Latihan Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Wilayah Barat di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Sabtu, 3 Desember 2011.

Selain sumbangan dalam bentuk dana bencana itu, Australia juga menyumbangkan 8 unit kendaraan penyelamat, alat pelacak dan penyelamatan, paket keperluan rumah tangga, dan perlengkapan personel untuk membantu tim cepat tanggap saat bencana.

Satuan Reaksi Cepat Bencana, kata Robilliard, juga dilatih cara mengoperasikan peralatan dan memberikan penilaian serta informasi yang cepat saat keadaan darurat bencana.

“Kami bangga sekali dengan kemitraan Indonesia dan Australia ketika ada bencana. Indonesia telah membantu Australia saat kami terkena bencana kebakaraan hutan yang besar tahun 2010 lalu,” ujar Robilliard. (umi)

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak
Ibu menyusui

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Menjaga keseimbangan nutrisi dan asupan makanan sangat penting bagi ibu menyusui. Karena kualitas dan kuantitas ASI (Air Susu Ibu) dapat dipengaruhi beberapa faktor.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024