Tumor 90 Kg Pria Vietnam Berhasil Diangkat

Nguyen Dun Hai yang idap tumor di kaki seberat 90kg
Sumber :
  • news.com.au

VIVAnews - Operasi pengangkatan tumor seberat 90 kilogram di kaki kanan pria asal Da Lat, Vietnam pada Kamis 5 Januari lalu berlangsung lancar. Kondisi pria bernama Nguyen Duy Hai itu kini sudah mulai stabil pasca-operasi yang berlangsung selama 12 jam di France-Vietnam Hospital, Ho Chi Minh.
 
Saat mengetahui Hai bisa melewati operasi dengan sukses, keluarga langsung meninggalkan Da Lat menuju Ho Chi Minh tempat dilangsungkannya operasi. Keluarga yang tiba di Ho Chi Minh langsung menangis terharu.

Mereka berterima kasih pada McKay McKinnon, dokter spesialis tumor asal Amerika Serikat yang memimpin jalannya operasi.

"Dokter McKinnon mengatakan pada ibu saya kalau operasinya sukses dan kakak saya akan siuman pada Jumat pagi, sehingga ibu bisa bicara dengannya," kata Nguyen Duy Sang, adik Hai, seperti dimuat Vietnam Net.

Seperti dilansir kantor berita BBC, Hai juga tak perlu pusing memikirkan pembayaran biaya operasi karena telah dihapuskan oleh McKinnon. Untuk biaya lainnya, akan dibayarkan lewat donasi.

Nguyen Duy Hai dioperasi oleh tim dokter pimpinan McKinnon di France-Vietnam Hospital pada Kamis 5 Januari 2012 pukul 09.00 waktu setempat. Tumor seberat 90 kilogram yang menyerang kaki kanannya diyakini merupakan yang terbesar di Vietnam, dan mungkin terbesar di dunia juga.

Sebelumya, Dun Hai dua kali dirawat di rumah sakit berbeda sebelum dirujuk ke France-Vietnam Hospital yang fasilitasnya lebih lengkap pada 27 Desember. McKinnon sudah memperingatkan bahwa tingkat keberhasilan operasi ini mencapai 50 persen, namun Dun Hai tak gentar.

Awalnya operasi akan dilakukan 18 November, namun batal karena kondisi Dun Hai saat itu tidak memungkinkan. Usai menjalani serangkaian tes kesehatan, kini kondisinya cukup sehat untuk dioperasi. (adi)

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang
Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024