Iran-Venezuela Sepakat Hentikan ‘Kegilaan’ AS

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan Presiden Venezuela Hugo Chavez
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

VIVAnews – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memanggil Presiden Venezuela Hugo Chavez dengan sebutan “kakak tersayang” pada Senin kemarin dalam kunjungannya ke Venezuela. Bersama sang kakak tersayang, Ahmadinejad bersumpah untuk bekerja sama memberantas kemiskinan dan imperialisme.

Berbicara dalam upacara penyambutan di luar Istana Kepresidenan Venezuela, Ahmadinejad mengatakan bahwa negaranya memiliki tujuan damai. “Senjata kami adalah logika. Senjata kami adalah kebudayaan. Senjata kami adalah nilai-nilai kemanusiaan,” kata Ahmadinejad seperti dilansir CNN, 9 Januari 2011.

Sebagai balasan, Chavez berjanji untuk bekerja sama dengan Iran untuk menghentikan “kegilaan kekaisaran” Amerika Serikat, yang ia deskripsikan sebagai “ancaman bagi dunia.” Chavez juga mengejek keprihatinan AS terkait hubungan negaranya dengan Iran.

Ia melemparkan banyolan, dengan mengatakan seolah-olah laporan media AS menyebut dirinya dan Ahmadinejad akan meluncurkan misil dan bom ke Ibukota AS. “Kami bukan penghasut perang,” ujar Chavez, sementara Ahmadinejad mengangguk setuju di sampingnya. “Iran tidak pernah menginvasi siapapun,” tegas Presiden Iran itu.

Bukanlah suatu kebetulan apabila Venezuela menjadi negara pertama yang dikunjungi Ahmadinejad dalam lawatannya ke empat negara Amerika Latin minggu ini. Terlepas dari perbedaan budaya di antara keduanya, Venezuela dan Iran menemukan sejumlah kesamaan yang signifikan. Keduanya adalah eksportir minyak mentah dunia, dan pemimpin-pemimpin mereka adalah sekutu kuat yang disatukan oleh sikap oposisi keras terhadap apa yang mereka sebut imperialisme AS.

Menurut laporan IRNA, Kantor Berita Resmi Iran, Ahmadinejad tiba di Caracas pada Minggu, 8 Januari 2012, dengan didampingi oleh Menteri Luar Negeri dan Menteri Energi dan Ekonomi Iran. Sejauh ini, Iran dan Venezuela telah menandatangani lebih dari 270 perjanjian, termasuk kesepakatan dagang, proyek konstruksi, pembangunan pabrik traktor dan mobil, insiatif energi, dan program perbankan. (eh)

430 Jemaah Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci
Suporter sambut Timnas Indonesia U-23 di bandara

Timnas Indonesia U-23 Tiba di Bandara Soetta, STY : Terimakasih Atas Dukungannya

Timnas Indonesia U-23 telah tiba di bandara Soekarno-Hatta. Pelatih Shin Tae yong mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024