Pebatik Eropa Terinspirasi Indonesia

Pameran Batik "Pasaraya Tribute To Batik"
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Keindahan kain batik Indonesia dengan berbagai macam coraknya sudah terkenal di mancanegara. Di negara-negara Eropa sudah bermunculan seniman-seniman batik dengan karya yang lebih dinamis dan telah mendapat sentuhan budaya setempat.

Di balik popularitasnya, rupanya masih banyak penikmat batik internasional yang belum terlalu mengenal seluk beluk batik Indonesia. "Penikmat batik internasional hanya tahu sedikit tentang batik Indonesia.

Cak Imin: Masuk atau Tidak Lihat di 20 Oktober, Akan Terlihat Koalisi Sesungguhnya

Masih banyak yang tidak tahu asal, nama dan bagaimana produksi batik tulis di Indonesia," kata Martin Krummeck dari Kamar Dagang EKONID di Galeri Nasional Indonesia, Rabu 25 Januari 2012.

Biasanya, ujar Krummeck, kebanyakan orang yang sudah memiliki sedikit pengetahuan tentang batik Indonesia hanya mengenal batik Jogja atau Solo saja. Padahal, masih ada batik Pekalongan, Cirebon, atau Madura yang juga memiliki corak sendiri yang tak kalah indah.

"Di Indonesia, batik adalah salah satu aspek terpenting dalam budaya Jawa. Setiap daerah di Jawa memiliki ciri tersendiri yang unik, sehingga batik tidak semata milik Jogja atau Solo saja. Batik merupakan warisan seni budaya Indonesia yang harus dipelihara," bebernya.

Untuk itulah, bekerjasama dengan pemerintah Indonesia, Krummeck menggagas sebuah pameran batik yang bertujuan memberikan penghargaan terhadap aspek budaya, sejarah, dan nilai ekonomis batik Indonesia.

Dalam pameran yang akan digelar dari tanggal 25 Januari hingga 6 Februari 2012 di Galeri Nasional, Jakarta, diharapkan pengetahuan para penikmat batik baik lokal maupun internasional semakin bertambah.

Di Jerman sendiri, lanjutnya, sudah ada beberapa seniman yang mempopulerkan batik dengan inspirasi yang mereka dapat dari batik Indonesia.

Menolak Bercerai jika Diselingkuhi Caesar Hito, Begini Tanggapan Felicya Angelista yang Tuai Cibiran

Karya dua orang seniman batik ternama Jerman, yaitu Joachim Blank dan Rudolph Smend, juga akan ditampilkan dalam pameran di Jakarta, yang bertajuk Batik Indonesia: Warisan Budaya Yang Hidup.

"Kami harap pameran karya seni unik yang begitu indah ini dapat menggerakkan bangsa Indonesia untuk memberi dukungan terhadap pembangunan berkelanjutan  dan penghargaan terhadap batik. Generasi yang akan datang juga layak mendapatkan eksempatan yang sama untuk bisa menikmati batik sebagaimana yang kita rasakan saat ini," pungkas Krummeck. (umi)

Etenia Croft

Etenia Croft Rilis Lagu Anak-anak 'Sahabat', Tandai Perjalanan Karier di Dunia Musik

Dengan dirilisnya lagu Sahabat, menandai perjalanan karier musik Etenia Croft di tahun 2024. Pada bulan Juni 2024, Etenia Croft akan merilis lagu kedua.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024