Obama Bersitegang dengan Gubernur Arizona

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Larry Downing

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Gubernur Arizona Jan Brewer terlibat ketegangan di landasan pacu negara bagian tersebut. Dalam sebuah foto, terlihat Brewer menunjuk batang hidung Obama, menunjukkan kemarahan.

Menurut Reuters, peristiwa yang terjadi pada Rabu, 25 Januari 2012, tersebut dimulai saat Obama mengomentari tulisan Brewer pada bukunya yang berjudul "Scorpions for Breakfast: My Fight Against Special Interests, Liberal Media and Cynical Politicos to Secure America’s Border.” Menurut Obama, Brewer salah paham dalam menggambarkan pertemuan keduanya di Gedung Putih dua tahun lalu.

"Dia sedikit terganggu dengan buku saya. Saya bilang saya menyesal jika dia merasa seperti itu," kata Brewer kepada wartawan. Adegan ketegangan keduanya berhasil ditangkap oleh kamera sebuah media internasional. Dalam gambar, Brewer terlihat menunjuk Obama yang sedikit menunduk.

Obama dan Brewer memang terlibat ketidaksepahaman soal undang-undang imigrasi Arizona. Dalam bukunya, Brewer menceritakan soal pertemuannya dengan Obama di Gedung Putih untuk membicarakan undang-undang tersebut.

Melalui tulisan, Brewer membantah ucapan Gedung Putih yang mengatakan pertemuan itu berlangsung baik dan lancar. Brewer menuliskan, pertemuan itu hanyalah basa-basi. Dalam pertemuan, kata Brewer, Obama lebih terlihat menggurui dan merendahkan dirinya.

Brewer juga mengomentari keamanan Gedung Putih yang menurutnya berlebihan. Ketika memasuki Gedung Putih untuk menuju Ruang Oval, ponsel dan kamera milik Brewer dan stafnya disita pasukan keamanan.

Seteru keduanya dimulai saat Brewer menandatangani undang-undang kontroversial soal imigran ilegal di Arizona 2010 lalu. Undang-undang tersebut menyerukan polisi di Arizona untuk menyelidiki status imigrasi setiap orang yang dicurigai sebagai pendatang ilegal.

Obama mengatakan bahwa undang-undang itu telah salah arah. Dia mengatakan, undang-undang imigrasi Arizona akan memicu konflik rasial. Namun Brewer bersikeras hal itu perlu dilakukan untuk mencegah imigran gelap menyabot pekerjaan rakyat AS di tengah krisis ekonomi sekarang ini.

Pakar Ingatkan Bahaya Screen Time, Ini Durasi yang Disarankan untuk Anak Main Gadget Bun!
Mobil Ferrari Roma Harvey Moeis

Kejagung Periksa Staf Perusahaan Harvey Moeis soal Kasus Korupsi Timah

Sebanyak tiga orang saksi diperiksa perihal kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024