Obama Ajukan Dana Rp7,2 Triliun untuk Arab

Barack Obama saat pidato nasional tahunan di Kongres
Sumber :
  • REUTERS/Saul Loeb/Pool

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyiapkan dana bantuan US$800 juta, atau sekitar Rp7,2 triliun, kepada negara-negara Arab yang mengalami revolusi tahun lalu. Dana ini diajukan pemerintah Obama kepada kongres sebagai bagian dari dana anggaran tahun fiskal 2013.

Dalam pernyataannya, Obama mengatakan sebagian besar dana tersebut, atau sekitar US$770 juta (Rp6,9 triliun), akan digunakan dana bantuan untuk membangun Timur Tengah dan Afrika Utara yang baru pasca revolusi.

"Dana ini digunakan sebagai insentif bagi reformasi ekonomi, politik dan perdagangan jangka panjang pada masa transisi ini," tulis Gedung Putih dalam dokumen pengajuan anggaran, dilansir dari Reuters, Senin waktu setempat.

Pada tahun fiskal 2013 yang akan dimulai 1 Oktober mendatang, Obama mengajukan dana untuk Kementerian Luar Negeri dan bantuan luar negeri sebesar US$51,6 miliar, termasuk US$8,2 miliar untuk menunjang dana di zona perang.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 11 Mei 2024

Untuk Mesir, Obama tetap memberikan bantuan militer sebesar US$1,3 miliar, jumlah yang sama seperti tahun lalu. Bantuan tetap diberikan kendati pemerintahan militer Mesir menyisir organisasi HAM AS dan mencekal anggotanya keluar negara tersebut.

Pengajuan kali ini meningkat 1,6 persen dibanding tahun lalu. Agar dana ini cair, pemerintah masih perlu mendapatkan persetujuan dari Kongres. Beberapa anggota kongres menyatakan tidak setuju dan menginginkan pengurangan anggaran AS di luar negeri.

Bantuan kepada Arab adalah sebagian kecil dari anggaran yang diajukan pemerintah untuk tahun fiskal 2013 yang mencapai US$3,8 triliun. Untuk mencegah defisit, pemerintah AS akan meningkatkan pajak pengusaha dan konglomerat. Dana tambahan akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan perbaikan pendidikan. (eh)

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Soemitro

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

Jenderal TNI (Purn) Soemitro Sastrodihardjo, yang dikenal sebagai salah satu panglima militer paling berpengaruh di era Orde Baru, memiliki kisah masa kecil yang unik dan

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024