PBB: Gaza Tak Lagi Layak Huni pada 2020

serangan udara israel ke gaza
Sumber :
  • REUTERS/Ali Hassan

VIVAnews -- Tak selayaknya manusia hidup bertahun-tahun dalam kondisi kekurangan pangan dan obat, diblokade, dan dicekam teror serangan yang tak bisa ditebak kapan datang. Belum lagi mengatasi penduduk yang makin bertumbuh. Tapi itulah yang terjadi di Gaza, Palestina.

Bahkan laporan PBB menyebut, Jalur Gaza akan menjadi kawasan yang "tak layak huni" pada 2020, kecuali ada tindakan untuk meningkatkan layanan dasar masyarakat di sana.

Laporan tersebut juga menyebut, infrastruktur dasar seperti air, kesehatan, pendidikan, dan sanitasi, "terus berjuang untuk mengimbangi pertumbuhan populasi." Diperkirakan populasi Gaza akan meningkat dari 1,6 juta jiwa menjadi 2,1 juta pada tahun 2020.

Kondisi buruk Gaza tak lepas dari pengetatan blokade yang dilakukan Israel atas wilayah itu sejak 2007, setelah Hamas berkuasa. Dalih Israel, itu untuk mencegah senjata mencapai tangan Hamas. 

Laporan PBB juga memperkirakan, Gaza akan membutuhkan jumlah sekolah dua kali lipat, serta 800 tambahan tempat tidur di rumah sakit pada tahun 2020. Persatuan Bangsa Bangsa juga menyebut, wilayah itu telah menderita kekurangan tempat tinggal yang layak.

Tak sampai di sana penderitaan rakyat Gaza, air bawah tanah, yang menjadi satu-satunya sumber air bersih di sana tak lagi bisa digunakan pada 2016.

Wilayah yang terisolasi

Para pejabat di PBB juga menyebut faktor yang sangat menghambat bagi perbaikan situasi. Yakni, "penutupan Jalur Gaza, konflik kekerasan, dan kebutuhan mendesak bagi rekonsiliasi di Palestina."

"Sebuah daerah perkotaan tidak dapat bertahan hidup tanpa berhubungan dengan wilayah lain," kata  Maxwell Gaylard, kepala urusan kemanusiaan PBB di Gaza.

Meski letaknya di tepi laut, Gaza tak punya pelabuhan, apalagi bandara. Perekonomian bergantung sepenuhnya pada bantuan asing dan usaha penyelundupan barang-barang kebutuhan pokok melalui terowongan bawah tanah di perbatasan Mesir.

Meski dalam beberapa tahun Gaza mengalami pertumbuhan ekonomi, para ahli memperingatkan, "itu tak bakal berkelanjutan". Situasi Gaza bahkan lebih buruk dari keadaannya pada tahun 1990-an. Pengangguran mencapai angka 29 persen pada 2011, dan terus naik. Korbannya adalah para perempuan dan anak muda.

Saat ini, lalu lintas penyelundupan barang melalui terowongan bawah tanah seret, menghadapi hambatan dari militer mesir dan para militan Mesir di semenanjung Sinai, yang berbatasan dengan Israel dan Gaza.

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Sumber: BBC

Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Sebuah video viral menampilkan momen romantis seorang pilot yang secara tiba-tiba melamar kekasihnya, seorang pramugari di maskapai penerbangan. Begini kisah romantisnya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024