Ribuan Rumah Kebanjiran di Australia, Tiga Tewas

Banjir di Queensland, Australia
Sumber :
  • REUTERS/Australian Broadcasting Corporation/Mackie Marsellos/Handout

VIVAnews - Banjir besar merendam ribuan rumah di negara bagian Queensland dan New South Wales, Australia. Tiga orang dilaporkan tewas tersapu banjir, ribuan orang dihimbau segera mengungsi.

Diberitakan BBC, Senin 28 Januari 2013, banjir terbesar terjadi di kota Bundaberg, ketika ratusan orang dilaporkan terjebak di rumah mereka. Di Brisbane, ibukota Queensland, 5.000 rumah terancam terendam banjir.

Hujan lebat disertai angin kencang terjadi akibat badai tropis Oswald yang sekarang tengah menuju wilayah New South Wales. Sekitar 6.000 rumah di wilayah ini mati listrik.

Menteri Negara Queensland, Campbell Newman, mengatakan lebih dari 1.200 rumah terendam saat ini. Diperkirakan 1.500 orang masih terjebak banjir.

Walikota Bundaberg, Mal Foreman, mengatakan banjir kali ini bisa menjadi yang terburuk setelah tahun 2011, yang menewaskan 35 orang di seluruh Queensland. Pada pukul 10.00 waktu setempat pagi ini, level air Sungai Burnett di Bundaberg mencapai 9,13 meter dan terus meningkat.

"Puncaknya mencapai 9,15 meter diperkirakan terjadi pada Selasa atau Rabu pagi. Banjir pada Desember 2010, level air hanya 7,92 meter, dan tahun 1942 mencapai 8,59 meter," ujar pernyataan Biro Meteorologi Australia.

Aparat telah mengeluarkan anjuran evakuasi secepatnya, karena banjir diperkirakan akan berpotensi berbahaya. Tiga orang yang tewas tersapu banjir berhasil ditemukan hari ini. Seorang wanita dan anaknya yang berusia tiga tahun dilarikan ke rumah sakit di Brisbane karena tertimpa pohon.

Perdana Menteri Australia Julia Gillard menyatakan belasungkawanya atas keluarga korban tewas.  "Ini adalah masa-masa sulit bagi Queensland dan masyarakat tengah ditantang oleh alam. Tapi kita adalah negara yang kuat dan akan bisa melaluinya," kata Gillard. (eh)

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh
Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024