Isu Sadap Merebak, Australia Tetap Jalin Kerja Sama dengan RI

Gambar konsep Kedubes baru Australia di Jakarta
Gambar konsep Kedubes baru Australia di Jakarta
Sumber :
  • Australian Embassy Jakarta
VIVAnews - Kendati Pemerintah Australia kini sedang dibelit isu aksi penyadapan yang diduga dilakukan Badan Intelijen (DSD) terhadap Pemerintah Indonesia, namun Negeri Kangguru itu mengaku beragam pemberitaan miring tidak akan memengaruhi hubungan bilateral dan kerja sama yang selama ini telah dijalin.

Padahal, Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, mengaku kecewa dengan sikap Pemerintah Australia dan mengancam akan meninjau ulang kerja sama terkait pemberian informasi di antara kedua belah pihak. 

Juru Bicara Duta Besar Australia untuk Indonesia, Ray Marcelo dalam pernyataan tertulisnya kepada VIVAnews, Selasa 5 November 2013, mengaku bahwa Australia akan tetap menghargai hubungan baik yang telah dijalin dengan Indonesia dalam situasi apa pun. 

"Kami mengikuti respons yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa. Hubungan bilareral di beberapa bidang seperti penyelundupan manusia dan penanganan aksi teror merupakan kerja sama yang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak," ujar Ray.