RI Ingin TKI Ilegal yang Ditangkap Malaysia Segera Dipulangkan

Ilustrasi/tenaga kerja Indonesia ditangkap FBI di Amerika Serikat
Ilustrasi/tenaga kerja Indonesia ditangkap FBI di Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Kementerian Luar Negeri berharap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang terjaring operasi Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) di Malaysia bisa segera dideportasi ke Tanah Air. Apabila memungkinkan, mereka juga tidak perlu dikenai denda. Hal itu diungkap Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) dari Kementerian Luar Negeri RI, Tatang Budi Utama Razak, di Jakarta, Jumat 24 Januari 2014.

Tatang menjelaskan, pemerintah RI menghormati sikap Malaysia yang menggelar operasi tersebut lantaran banyaknya tenaga kerja asing ilegal yang masih bermukim di Negeri Jiran. 

Dari operasi PATI yang digelar mulai tanggal 21 Januari 2014 kemarin diketahui sebanyak 739 TKI ilegal terjaring. Sementara target pekerja asing yang akan dideportasi menurut data dari KBRI Kuala Lumpur mencapai 292.941 orang. 

Menurut Tatang, banyaknya jumlah pekerja asing yang terjaring operasi tersebut, termasuk TKI, tidak diimbangi dengan kapasitas rumah tahanan imigrasi yang dimiliki oleh Malaysia. Kapasitasnya hanya mencapai sekitar 10 ribu orang.