AS Tak Ikut dalam Forum HAM PBB, Bahas Pelanggaran Israel

Presiden Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque
VIVA.co.id
Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal
- Amerika Serikat tidak akan ambil bagian dalam forum HAM PBB, Senin 23 Maret 2015, selama debat tahunan yang akan membahas pelanggaran Israel di wilayah Palestina.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

"Delegasi AS tidak akan berbicara tentang Palestina hari ini," kata seorang juru bicara AS di Jenewa yang dikutip
Kegagalan Hukum Internasional dalam Menghadapi Kejahatan Perang Israel
Reuters . Dia menolak untuk memberikan komentar lebih jauh.


Langkah itu merupakan situasi tak terduga pada forum yang diikuti 47 negara, di mana AS biasanya tidak pernah gagal membela Israel. Tidak diketahui, apakah terkait dengan ketegangan AS dan Israel.


Presiden AS Barack Obama, pada Jumat 20 Maret lalu, mengatakan Washington akan mempertimbangkan opsi-opsi terkait hubungan dengan Israel, serta diplomasi Timur Tengah.


Obama mengisyaratkan, kemungkinan perubahan kebijakan AS, yang selama beberapa dekade melindungi Israel dari tekanan internasional. Pejabat Gedung Putih mengatakan, komentar Obama terkait dengan sikap PM Israel Benjamin Netanyahu.


Untuk memenangkan pemilu Israel pada Selasa 17 Maret lalu, Netanyahu berjanji tidak akan membiarkan berdirinya negara Palestina, serta akan membangun lebih banyak pemukiman Yahudi di Palestina.


Pada pernyataan resmi Gedung Putih disebutkan Obama menelepon Netanyahu, menegaskan kembali komitmennya pada solusi dua negara, yang menjadi kebijakan AS sejak lama untuk penyelesaian konflik Timur Tengah.


Obama juga mengirimkan pesan keras, menggarisbawahi seriusnya ketegangan dalam hubungan AS dan Israel. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya