Puing Helikopter AS yang Hilang di Nepal Ditemukan

Helikopter marinir AS yang digunakan untuk distribusi bantuan di Nepal.
Sumber :
  • REUTERS/Hernan Vidana
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Puing helikopter militer Amerika Serikat yang dilaporkan hilang pada pekan ini ketika tengah mendistribusikan bantuan, telah ditemukan. Menurut Kepala Operasi Angkatan Bersenjata Nepal, Mayor Jenderal Binoj Basnet, puing-puing helikopter Huey UH-1Y terlihat di area pegunungan dekat Desa Kalinchok, di ketinggian sekitar 3.383 meter. 

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

BBC
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda
edisi Jumat, 15 Mei 2015 melansir, kecil kemungkinan para penumpang helikopter selamat dari tragedi tersebut. Menurut pejabat berwenang Nepal, total terdapat enam prajurit marinir AS dan dua pasukan Nepal di dalam kabin helikopter.

Hilangnya helikopter AS terjadi bersamaan dengan gempa kedua yang mengguncang Nepal berkekuatan 7,4 skala Richter. Total korban sementara mencapai 110 orang.


Menurut editor harian
Nepal Times
, Kunda Dixit, puing helikopter ditemukan sekitar 56 kilometer dari Kathmandu. Pasukan darat kini tengah dikerahkan untuk mencari puing helikopter.


Kendati belum diketahui penyebab hilangnya helikopter, namun dari pembicaraan radio yang didengar oleh helikopter India, terdengar kemungkinan adanya masalah bahan bakar. Menurut Kolonel militer AS, Steve Warren, prajurit itu tengah bertugas di sekitar Charikot, desa yang paling parah terkena dampak gempa kedua.


Dua helikopter militer Nepal tengah dikerahkan untuk mencari helikopter tersebut. Selain itu, militer Nepal mengerahkan 400 pasukan darat.


Helikopter tersebut terbang dari bandara Kathmandu sebagai bagian dari operasi Negeri Paman Sam bertajuk "Sahayogi Haat" yang bermakna "uluran tangan" dalam Bahasa Nepal.


Lebih dari puluhan pesawat militer AS yang dikerahkan untuk membantu mendistribusikan bantuan kemanusiaan yang terkena dampak gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya