Ratusan Pendaki Terjebak Usai Gempa Bumi di Pulau Borneo

Kondisi ratusan para pendaki di puncak Gunung Kinabalu
Sumber :
  • Facebook Charlene Dmp

VIVA.co.id - Ratusan turis dan pendaki dilaporkan terjebak di Gunung Kinabalu pada hari ini usai mengguncang sebagian dari wilayah negara bagian Sabah di Pulau Borneo. Menurut informasi dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat, titik pusat gempa pada tadi pagi berada di sekitar 54 kilometer dari ibukota Kinabalu.

Laman International Business Times, Jumat, 5 Juni 2015 melansir total terdapat sekitar 160 pendaki yang terjebak di sana. Sebanyak empat orang di antaranya diketahui terluka. Mereka menderita patah tulang dan terluka di bagian kepala.

Selain itu, gempa juga menghancurkan bangunan di kota Ranau. Informasi yang dikutip dari harian New Strait Times menyebut 145 turis yang terjebak di gunung yang memiliki tinggi 4.095 meter itu.

Salah satu pendaki yang diketahui bernama Charlene Dmp berhasil mengunggah beberapa fotonya dari puncak ketinggian gunung ke akun media sosial. Dalam foto itu terlihat banyak pendaki yang kebingungan sambil menanti helikopter untuk mengantar mereka ke bawah.

"Saat ini, kami tengah menanti helikopter untuk menyelamatkan kami," tulis Charlene di akun Facebooknya.

Menteri Pariwisata, Kebudayaan dan Lingkungan Malaysia, Masidi Manjun, menulis di akun Twitter, bahwa operasi penyelamatan kini tengah berlangsung. Selain itu, para pendaki tidak bisa turun karena transportasi untuk menuju ke bawah rusak akibat tertimpa batu.

Menurut Masidi, gempa begitu kuat sehingga menghancurkan salah satu ikon yang ada di Gunung Kinabalu yaitu batu "telinga keledai" dari ketinggian 4.000 meter lebih.

Berpose Bugil di Kinabalu, Turis Inggris Minta Maaf


Taman Gunung Kinabalu terdaftar sebagai situs warisan Unesco dan merupakan salah satu tujuan pariwisata paling populer di negara bagian Sabah, Pulau Borneo. (ren)

Turis Kanada Dituding Jadi Penyebab Gempa Borneo
Pemain Pusamania Borneo FC rayakan gol

Gasak Gresik 3-1, Borneo FC ke Perempat Final Piala Presiden

Boaz tampil gemilang sepanjang 90 menit.

img_title
VIVA.co.id
4 September 2015