Jokowi Terima 8 Dubes Baru Asing, Terganggu Suara Demonstran

dubes
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Delapan Duta Besar Baru Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) dari sejumlah negara hari ini menyerahkan surat kepercayaan masing-masing ke Presiden Joko Widodo. Penyerahan surat dilakukan melalui upacara di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara.

Delapan dubes baru untuk RI itu adalah Abdihakim Ali Yasin (Somalia), N Kwang IIn (Korea Utara), Hoang Anh Tuan (Vietnam), Ivan Hotek (Ceko), Phavanh Nuanthasing (Laos), George Dogoritis (Yunani), Robert Luer (Luksemburg) dan Vincent Guerrend, yang mewakili Uni Eropa.

Kapolda Metro Jaya Pastikan Tagih Janji Demonstran

Ketika upacara berlangsung, di luar istana sempat diwarnai aksi demonstrasi. Dua metro mini yang mengangkut demonstran memasuki jalan Merdeka Utara, tepat saat bendera kebesaran Korea Utara memasuki tempat prosesi.

Demonstran membunyikan speaker besar dengan latar lagu Iwan Fals, yang terdengar kencang hingga ke area upacara di halaman depan Istana Merdeka tersebut. Suara semakin mengganggu prosesi acara setelah orator juga melakukan aksi orasi. 

Sekitar dua menit para demonstran beraksi menyuarakan kasus-kasus pelanggaran HAM. Aparat kepolisian yang sudah siaga sejak tadi, meminta para demonstran untuk tidak membunyikan speaker aksi karena ada upacara kenegaran.

Polisi lalu meminta demonstran untuk mematikan pengeras suara dan sedikit menjauh dari Istana Negara. Permintaan polisi disetujui para demonstran yang segera mengurangi aksi orasi mereka dan menjauh beberapa puluh meter dari depan Istana. (ren)

Sembilan Petani Rembang Semen Kaki di Depan Istana
Presiden Jokowi

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

Sebelum melakukan sidak.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016