RI Bagi Pengalaman Kelola Pemerintahan dengan Negara MSG

Wamenlu, AM Fachir.
Sumber :
  • www.antaranews.com

VIVA.co.id - Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, AM Fachir, mengatakan, Indonesia memiliki hubungan yang sangat baik dengan negara-negara anggota Melanesian Spearhead Group (MSG), termasuk Fiji yang saat ini sedang dilanda bencana alam badai tropis Winston.

"Sejak masuk menjadi anggota MSG, Indonesia terus melakukan berbagai hal dan bantuan seperti membagikan pengalaman-pengalaman kita, karena Indonesia dinilai memiliki keunggulan di banyak bidang seperti pertanian hingga ke tata pemerintahan yang baik," ujar Fachir yang ditemui pada Selasa, 23 Februari 2016 di gedung Kemlu RI, Jakarta.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi itu melanjutkan, upaya Indonesia memberikan simpati atau bantuan ke Fiji dan negara-negara lainnya adalah sebagai bagian dari solidaritas dengan negara tetangga terdekat. Ini, kata dia, juga sebagai upaya Indonesia untuk berbagi keunggulan yang dimiliki di mana belum tentu negara lain punya.

"Kita juga pernah memberikan bantuan ke Afrika, kita pun memiliki komitmen bantuan untuk Palestina. Semua hal itu merupakan bagian dari penerjemahan konstitusi untuk berkontribusi kepada masyarakat internasional," kata Fachir.

Indonesia secara resmi diterima menjadi salah satu anggota MSG ketika digelar KTT di Honiara, Kepulauan Solomon pada 24-26 Juni 2015. Posisi Indonesia meningkat, ketika sebelumnya pada 2011, RI masih berstatus sebagai pengamat.

Pemerintah Indonesia Bersimpati atas Gempa Myanmar
 Warga dievakuasi dari hotel setelah gempa berkekuatan 6.4 SR mengguncang Kumamoto yang terletak di sebelah selatan Tokyo, 14 April 2016.

Gempa Susulan Melanda Jepang, Warga Mengungsi

"Gempa masih berlanjut, sampai sekarang belum normal," kata dia..

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016