Gempa Bumi Guncang Sejumlah Kota di Asia

Seismograf, alat pendeteksi gempa. (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id - Guncangan gempa dengan kekuatan mencapai 6,6 Skala Richter mengguncang sejumlah kota di Asia. Pusat gempa diperkirakan berada di Afghanistan.

Korban Ledakan Pakistan Bertambah Jadi 55 Orang
Menurut US Geological Survey (USGS), gempa tersebut bisa dirasakan di Kabul, Islamabad, Lahore dan Delhi. Gempa membuat warga berhamburan ke luar rumah mereka.
 
Reimburse Pakistan US$300 Juta Ditolak Pentagon
Dikutip dari USA Today, Minggu, 10 April 2016, pejabat Pakistan, Arif Ullah, bahkan menduga gempa di negaranya itu berkekuatan hingga 7,1 SR. Sementara GFZ, Pusat Penelitian Geosains Jerman memperkirakan, gempa tersebut memiliki kekuatan sekitar 6,5 SR.
 
Pakistan Minta RI Kaji Ulang Hukuman Mati atas Warganya
Di Islamabad, warga yang ketakutan terlihat bergegas meninggalkan rumah mereka. Siaran televisi memperlihatkan warga yang tengah berdoa di area terbuka. Gempa dikabarkan juga terasa hingga ke ibu kota India, New Delhi.
 
Juru bicara Badan Penanganan Bencana Pakistan, Ahmad Kamal, mengatakan pihaknya belum menerima informasi apapun soal kemungkinan terjadinya kerusakan atau korban akibat gempa tersebut.
 
Namun pihaknya memperkirakan kemungkinan ancaman gempa susulan. Ia juga mengaku telah meminta pejabat regional di sekitar Pakistan untuk mempersiapkan segala kemungkinan. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya