Pabrik Bahan Kimia di China Meledak, Tak Ada Korban Jiwa

Pabrik kimia di Jinjiang, China
Sumber :
  • cctv

VIVA.co.id – Sebuah gudang penyimpanan bahan kimia dan bahan bakar meledak di kota timur China, Jinjiang. Berdasarkan laporan media setempat, kobaran api dapat dikendalikan dan tidak ada korban jiwa.

3 Arti Penting Kunjungan Jokowi ke China dan Arab
Ledakan tersebut mengingatkan peristiwa yang sama di sebuah gudang penyimpanan bahan-bahan kimia di utara kota Tianjin, Agustus lalu. Sedikitnya 165 orang tewas, berikut indikasi adanya kontaminasi akibat racun bahan kimia.
 
Saingi Dominasi Google, Ponsel China Berkoalisi
Ledakan yang baru saja terjadi berlokasi di sebuah perusahaan bernama Jiangsu Deqiao Storage, perusahaan yang menjadi tempat penyimpanan bahan kimia berbahaya.
 
Di Balik Gaji Besar, Ini Sejumlah Derita Para Pekerja Teknologi China! Hingga Dipenjara Loh
Dalam website-nya, pemerintah Jinjiang mengatakan bahwa api ledakan dapat dikendalikan dan tidak ada korban. Salah satu foto yang diunggah di media massa menunjukkan asap tebal dan api yang masih berkobar dari sebuah tangki penyimpanan yang meledak.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 22 April 2016, pemerintah juga mengatakan aktivitas di sekitar lokasi ledakan telah kembali normal. Kecelakaan industri kerap terjadi di China karena standar keselamatan sering diabaikan.
 
Namun, ledakan yang terjadi di Tianjin tersebut memicu kemarahan yang meluas, karena kurangnya transparansi oleh pejabat tentang penyebab ledakan dan dampak lingkungan yang ditimbulkan.
 
Laporan: Dinia Adrianjara
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya