Bunuh Penjahat, Polisi Diberi Bonus Rp15 Juta oleh Wali Kota

Cebu, Filipina
Sumber :
  • nexttriptourism.com

VIVA.co.id – Seorang wali kota di Filipina menawarkan bonus uang kepada polisi yang bisa membunuh para pelaku kriminal. Tomas Osmena, yang baru saja memenangi pemilihan walikota Cebu, menjanjikan hadiah uang sebesar 50 ribu peso atau sekitar Rp15 juta untuk setiap anggota polisi yang bisa membunuh seorang pelaku kriminal.

Duterte Menolak Minta Maaf Atas Kematian dalam Perang Antinarkoba

Tak hanya itu, pria berusia 68 tahun itu juga menjanjikan hadiah uang sebesar lima ribu peso atau Rp1,5 juta jika pelaku kriminal mengalami luka.

"Jika Anda membunuh seorang penjahat ketika menjalankan tugas, maka Anda akan diberi penghargaan. Saya ada untuk membantu polisi, dan tidak akan menuntut mereka. Ini adalah tujuan saya untuk menanamkan rasa takut ketika orang ingin melakukan kejahatan," kata Osmena, mengutip situs Channel News Asia, Jumat, 20 Mei 2016.

Gagal Capai Target Vaksinasi COVID-19, Duterte Ancam Hukum Pejabat

Ketika ditanya apakah ia mengikuti kebijakan Duterte saat menjadi Wali Kota Davao, Osmena pun menolak mentah-mentah.

"Saya tegaskan kalau saya tidak ngekor (mengikuti) Duterte. Tapi, menurut saya, dia (Duterte) telah melakukan hal yang benar," tutunya.

Duterte Usul Warga yang Tak Mau Divaksin Disuntik Saat Tidur

Osmena menegaskan, uang hadiah untuk para polisi itu tidak akan diambil dari anggaran pemerintah, tetapi dia tak menjelaskan sumber uang tersebut.

Pekan ini, Osmena sudah memberi hadiah sebesar 20 ribu peso kepada seorang polisi yang melukai dua orang perampok dalam sebuah baku tembak.

BBC Indonesia

Pilpres Filipina, Siapa Saja Kandidatnya dan Apa Isu Utamanya?

Pemilihan Presiden Filipina, yang digelar Mei 202, bakal menjadi kontroversial karena para kandidat utamanya terdiri dari anak presiden Duterte, putri eks diktator Marcos, serta petinju terkenal Manny Pacquaiao.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022