Buka Puasa 'Seru' WNI di Lebanon, Dikagetkan Ledakan Bom

Ledakan terjadi di depan Bank Blom di Hamra, Beirut, Lebanon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/KBRI Beirut

VIVA.co.id – Ledakan bom yang terjadi di depan kantor pusat Bank Blom, kawasan Hamra, Beirut, Lebanon, mengejutkan para umat muslim yang sedang berbuka puasa. Sebab, kejadian tersebut hanya berjarak beberapa kilometer dari lokasi bersandarnya KRI Bung Tomo 357 di Dermaga III Pelabuhan Internasional Beirut yang sedang menyelenggarakan kegiatan seminar dan dialog wawasan kebangsaan.

Soal Tuduh Novel CS Taliban di KPK, Kuasa Hukum: Itu Fitnah Keji

Menurut Duta Besar RI untuk Lebanon, Chozin Khumaidy, situasi yang terus bergejolak tersebut selalu mewarnai Satgas Maritim TNI Konga XXVIII H / Unifil Lebanon sepanjang penugasannya sebagai pasukan pemelihara perdamaian di sana.

Apalagi, kata dia, setelah sejumlah transaksi perbankan Hizbullah dibekukan di sejumlah bank, termasuk Bank Sentral Lebanon, serta penghentian bantuan militer kepada Lebanon dari sejumlah negara besar.

Ketum PGI: Ada Pegawai KPK Nilainya A Tapi Dipecat karena TWK

"Situasi ini makin memperuncing kondisi keamanan Lebanon yang hingga kini masih menghadapi konflik internal yang telah berlangsung lebih dari 2,5 tahun. Apalagi, Lebanon belum berhasil memilih presiden," kata Chozin, melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 15 Juni 2016.

Meski begitu, Chozin mengungkapkan bahwa situasi dan kondisi di KRI Bung Tomo 357 aman dan terkendali. Sebuah bom meledak pada Minggu lalu sekitar pukul 20.00 malam waktu setempat. Bank Blom adalah salah satu bank yang ditutup karena pemiliknya dicurigai terkait dengan grup Hizbullah.

Eks Direktur KPK Akan Somasi Ketua BKN Terkait TWK

Memang, sektor perbankan Lebanon menjadi pusat perhatian utama dalam krisis di negara tersebut. Krisis dimulai sejak Amerika Serikat mengharuskan semua bank untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk mencegah aliran dana terkait Hizbullah. Bank Sentral Lebanon mendesak semua bank komersial untuk mengikuti aturan Paman Sam.

Ketua KPK Firli Bahuri

Ketua KPK Klarifikasi Soal Pernyataan Harun Masiku di Indonesia

Firli Bahuri mengklarifikasi terkait pernyataan salah satu Kepala Satgas Penyelidik KPK Harun Al Rasyid soal Harun Masiku.

img_title
VIVA.co.id
30 Mei 2021