Presiden Uzbekistan Islam Karimov Meninggal Dunia

Presiden Uzbekistan Islam Karimov.
Sumber :
  • REUTERS/Grigory Dukor/File Photo

VIVA.co.id – Presiden Uzbekistan (78) dilaporkan meninggal dunia, Jumat, 2 September 2016. Dilansir dalam The Guardian, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menyebutkan, "Semoga rahmat Allah bersamanya." Pernyataan itu akhirnya menegaskan bahwa Islam Karimov memang meninggal dunia.

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Islam Karimov, sejak akhir pekan lalu memang dirawat di rumah sakit. Ia diduga mengalami pendarahan otak. Media lokal setempat menyebut, Karimov akan dimakamkan pada Sabtu, 3 September 2016 di kampung halamannya di Kota Samarkand, di mana ibu dan dua saudaranya telah dimakamkan.

Mengutip dari BBC, Karimov memang dipastikan telah meninggal dunia. Pria yang telah 27 tahun berkuasa di Uzbekistan itu dilaporkan kritis akibat pendarahan di otak.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Presiden Georgia Giorgi Margvelashvili juga telah menyatakan belasungkawanya atas kematian Karimov lewat situs resmi kepresidenan. "Saya ingin menyampaikan belasungkawa saya dan atas nama orang-orang Georgia untuk keluarga presiden dan orang-orang Uzbek," katanya.

Ihwal sakitnya karimov, sebelumnya diketahui lewat jejaring sosial berbagi foto dan video milik putri dari Karimov, Lola Karimova-Tillyaeva, Selasa, 30 Agustus 2016. Dalam keterangan foto perempuan yang menjadi Duta Besar UNESCO di paris Prancis itu menyebutkan awalnya kondisi ayahnya stabil. "Kondisi ayah saya stabil dan terlalu dini untuk membuat prediksi tentang kesehatannya."

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Karimov telah menjadi pemimpin dari negara pecahan Uni Soviet itu sejak sebelum kemerdekaan, yakni 1989. Wartawan BBC, Abdujalil Abdurasulov mengatakan, Karimov dikenal memiliki riwayat masalah kesehatan.

"Sakitnya Karimov dianggap sebagai rahasia negara. Oleh karena itu, setiap informasi tentang kesehatan sang Presiden tidak akan dipublikasi," ungkap Abdurasulov.

Presiden Uzbekistan Islam Karimov.

Presiden Uzbekistan Terkena Pendarahan Otak

Informasi didapat dari instagram putrinya.

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2016