Jelang Pensiun, Obama Hadiahi Wapresnya Medali Istimewa

Presiden AS, Barack Obama, mengalungkan medali kehormatan untuk Wakil Presiden Joe Biden.
Sumber :
  • Reuters/Yuri Gripas

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberi kejutan kecil kepada wakilnya, Joe Biden, setelah ia menyampaikan pidato perpisahannya di Gedung Putih, Kamis, 12 Januari 2017.

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Dilansir melalui situs Reuters, Jumat 13 Januari 2017, Obama memberikan medali penghormatan tertinggi untuk warga Amerika Serikat, yaitu "Presidential Medal of Freedom with Distinction," kepada Biden. Dia berjasa telah menemani Obama menjalani tugas kenegaraan selama delapan tahun masa jabatan kepresidenan.

"Inilah pria yang luar biasa. Selama delapan tahun, dia tidak hanya menjadi rekan setia saya, tetapi juga rekan efektif dalam progres-progres yang kami buat," ujar Obama saat menyampaikan isi pidato terakhirnya di hadapan para staf, keluarga, dan teman-teman Wapres.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Biden, yang tidak menyadari bahwa pemberian penghormatan ini akan dilangsungkan, terharu saat Obama mengatakan ia akan memberikan penghormatan sipil tertinggi di Amerika Serikat untuknya. Ia juga sempat terlihat menitikan air mata saat presiden Obama berdiri di belakangnya untuk mengalungkan medali tersebut.

Ini akan menjadi penghargaan terakhir yang diberikan Obama sebelum ia dan Biden meninggalkan Gedung Putih pada 20 Januari 2017.

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

"Saya tidak punya firasat. Saya mendapatkan banyak penghargaan yang tak pantas diterima oleh (orang seperti) saya," ucap Biden setelah menerima medali. Ia kemudian menyampaikan pidato terima kasihnya kepada Obama selama 20 menit.

Biden dan Obama menjadi teman dekat selama mereka memegang sistem pemerintahan AS di Gedung Putih. Biden adalah seorang senator AS dari Delaware ketika Obama memilih dia untuk menjadi calon wakil presiden dalam kampanye presiden 2008 silam.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya