Warga Inggris Menyesal Pilih ke Luar dari Uni Eropa

Brexit.
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir

VIVA.co.id – Hanya beberapa bulan setelah referendum di Inggris yang menghasilkan keputusan ke luar dari Uni Eropa dicapai, kini warga Inggris menyesalinya. Jajak pendapat yang dilakukan  Mirror menampakkan hasil tersebut.

Resident in UK Can Only Buy Three Tomatoes, Peppers and Cucumbers

Media Inggris Mirror melakukan jajak pendapat untuk mengetahui bagaimana sikap warga Inggris setelah mereka resmi menyatakan ke luar dari Uni Eropa. Menurut Mirror, 13 Februari 2017, jika referendum tersebut dilakukan hari ini, maka hasilnya justru akan berbalik, yaitu 51 persen memilih tetap, dan 49 persen memilih ke luar.

Hasil ini juga menunjukkan, semangat positif rakyat Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa mulai menurun setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May berpidato menguraikan rencana mengenai kerasnya risiko Brexit.

Tak Kunjung Dapat Pekerjaan, Thomas Tuchel Terancam Diusir dari Inggris

Survei yang dilakukan Google untuk Mirror ini dilakukan pada lebih dari 44.000 pembaca website Mirror menemukan, sekitar 13,5 persen dari mereka yang memilih "ke luar" saat referendum, akan memilih "tetap" jika ada referendum kedua. Hasil yang kontras terjadi, yaitu hanya 9,3 persen dari mereka yang memilih "tetap" akan memilih "ke luar" jika ada referendum kedua.

Hasil pertukaran pemilih ini yang akhirnya menghasilkan angka 51,2 persen pemilih akan memilih tetap bersama Uni Eropa dan 48,8 persen lainnya memilih keluar jika referendum diadakan sekarang ini. Dan hasil jajak pendapat ini juga menunjukkan, rakyat Inggris tak berseleramelakukan referendum lagi, yaitu sekitar 51,3 persen dari mereka mengaku tak ingin ada referendum kedua.

Serikat pekerja Irlandia Utara Adakan Parade di Tengah Krisis Politik

Sebagian besar responden mendukung keputusan PM Theresa May yang lebih ingin fokus pada kedaulatan dan melindungi perbatasan dibanding membuka jalan pasar tunggal Uni Eropa.

Survei yang dilakukan Google untuk Mirror tersebut diikuti oleh 44.681 responden, sebanyak 35,4 persen diantaranya adalah responden perempuan. Dari 44 ribu peserta, sebanyak 35.020 berasal dari Inggris, 4.322 dari Skotlandia, 1.911 dari Wales, dan 1.164 dari Irlandia Utara.

Gerbang Tol Brebes Timur

Mengingat Momen Mudik Maut di Brebes Exit Tahun 2016, Belasan Orang Tewas

Sepanjang sejarah mudik, barangkali tahun 2016 yang paling berdarah. Kemacetan di pintu keluar Tol Brebes Timur atau Brebes Exit (Brexit) tahun 2016 jadi momen terburuk

img_title
VIVA.co.id
20 April 2023