RI-Brasil Sepakati 6 Poin Kerja Sama Sektor Pertahanan

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Indonesia dan Brasil sepakat untuk memperkuat kerja sama bidang pertahanan. Naskah kesepakatan ini ditandatangani Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang disaksikan Duta Besar Brasil untuk Indonesia, Rubem Antonio Correa Barbosa.

Prabowo Bertemu Menhan Ghana, Bahas Kerja Sama Bidang Militer

Selanjutnya, naskah kerja sama tersebut ditandatangani Menteri Pertahanan Brasil, Raul Belens Jungmann Pinto, di Rio de Janeiro, Brasil.

Ryamizard berharap kerja sama seperti kegiatan militer, industri pertahanan, serta bentuk kerja sama lainnya yang telah disepakati, akan meningkat ke depan. Selain itu, kesepakatan ini merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Bersama Kemitraan Strategis Indonesia-Brasil, yang telah disepakati pada 15 Oktober 2008 di Brasil.

Pindad Ungkap Alasan Kerja Sama dengan Turki Bikin Tank Harimau

"Di dalam kesepakatan itu ada enam poin yang disetujui. Perjanjian ini didasarkan pada prinsip-prinsip kesetaraan, saling menghormati kedaulatan dan integritas wilayah," kata Ryamizard di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Maret 2017.

Adapun enam poin yang menjadi fokus dalam kesepakatan tersebut adalah pertukaran kunjungan delegasi tingkat tinggi militer dan Kementerian Pertahanan kedua negara.

JK Ingatkan Pentingnya Kemandirian Industri Pertahanan Nasional

Kedua, pertemuan antarinstitusi pertahanan dan militer. Ketiga, meningkatkan pengembangan sumber daya manusia pada institusi pertahanan melalui pendidikan.

Keempat, mengenai pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam bidang operasi militer, intelijen dan operasi pemeliharaan perdamaian internasional.

Kelima, pertukaran pengalaman ilmiah dan teknologi pertahanan. Terakhir, meningkatkan kerja sama industri pertahanan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya