Ribuan Ikan Mati Tutupi Permukaan Sungai Bikin Bergidik

Penampakan ribuan ikan mati akibat polusi di sungai Confuso
Sumber :
  • REUTERS/Jorge Adorno

VIVA.co.id – Ribuan ikan mati akhirnya mengambang menutupi sepanjang permukaan sungai Confuso di Kota Villa Hayes, Paraguay, Amerika Selatan. Penampakan ikan-ikan mati yang menutupi permukaan sungai itu terlihat cukup menyeramkan.

BNPB Sebut Sungai-sungai di Jawa Jadi Pembuangan Sampah Raksasa

Disebutkan otoritas setempat, belum diketahui pasti penyebab matinya ikan-ikan di sungai Confuso yang berada sekitar 30 Kilometer dari Asuncio tersebut.

Dilansir laman Metro, diduga ikan-ikan itu mati akibat polusi parah yang disebabkan limbah pabrik yang berada di sekitar hulu sungai. Hal yang sama pernah terjadi di Nicoya Gulf, Kosta Rika pada tahun lalu.

Viral Sungai Cileungsi Hitam Pekat Menyengat Mengeluarkan Busa

Menurut ilmuwan, kematian ribuan ikan bisa disebabkan menipisnya kandungan oksigen yang ada dalam air. 

Sementara pada saat insiden di Kosta Rika, Presiden Direktur Badan Ikan dan Pertanian atau Incospeca, Gustave Meneses mengatakan bahwa matinya ribuan di Kosta Rika agak berbeda dengan peristiwa dampak limbah biasanya.

Komisi VII: Penanganan Limbah Harus Diselesaikan Lebih Serius

"Ini agak berbeda bukan hanya karena spesies tertentu saja namun juga ukuran ikan yang mati terbilang sama semua dan seharusnya habitat di Nicoya Gulf ini adalah habitat yang sehat," kata Meneses.
 

Ilustrasi - Nelayan melintas di dekat ribuan ikan keramba jaring apung yang mati di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis, 29 April 2021.

Ratusan Ton Ikan di Danau Maninjau Mati Mendadak

Sebanyak 200 ton ikan jenis nila dan mas di keramba jaring apung Danau Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, mati mendadak akibat angin kencang.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2021