Kereta di Jepang Punya Klakson Suara Gonggongan Anjing

Ilustrasi Kereta Cepat.
Sumber :
  • tekkenweb.sakura.ne.jp

VIVA – Para peneliti di Jepang telah memasang kereta api dengan speaker yang mengeluarkan suara gonggongan anjing dan dengusan rusa, untuk mencegah tabrakan di jalur kereta api.

Urai Kepadatan Penumpang, Perusahaan Kereta Jepang Bagikan Mi Gratis

Koran Asahi Shimbun di Tokyo seperti dikutip BBC melaporkan, kombinasi suara itu dirancang untuk menakut-nakuti rusa menjauh dari jalur, dalam upaya untuk mengurangi jumlah kematian hewan di jalur kereta api.

Peneliti dari Railway Technical Research Institute mengatakan berdasarkan uji coba yang dilakukan pada malam hari, saat rusa berkumpul mengelilingi kereta api dan suara tersebut dibunyikan, separuh dari penampakan rusa tersebut pun menjauh dari jalur kereta api.

Layanan Kereta di Jepang Tertunda Gara-gara Kepala Penumpang Nyangkut

Rusa tertarik ke jalur kereta api karena kebutuhan akan zat besi dalam makanan mereka. Mereka menjilat rel untuk mengambil kandungan besi yang ditimbulkan oleh gesekan roda terhadap lintasan rel.

Kementerian Transportasi Jepang mengatakan bahwa ada catatan 613 kasus kereta api yang menabrak rusa dan hewan liar lainnya pada tahun 2016, masing-masing mengakibatkan penundaan 30 menit atau lebih untuk penumpang kereta api. (ase)

Berangkat Lebih Cepat, Kereta Api di Jepang Minta Maaf
Kereta-Kereta Keren Di Jepang

Berapa Banyak Kamu Tahu Kereta Keren di Jepang, Yuk Intip?

Shinkansen salah satu kereta luar biasa di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
28 Oktober 2019