Negara Bagian AS ke-51 New California Dideklarasikan, Sah?

Peta New California, wilayah baru yang direncanakan
Sumber :
  • New California/Independence

VIVA – Pendiri 'New Californa' atau California Baru telah mendeklarasikan kemerdekaan untuk melepaskan diri dari daerah pesisir San Fransisco dan Los Angeles (LA) dan ingin menjadi negara bagian ke-51 di Amerika Serikat.

Rumah Supermodel Cara Delevingne Terbakar Habis di California

Seorang pejabat yang mempelopori kampanye 'Cali-exit' itu mengambil langkah yang tidak biasa untuk mencapai kemerdekaan ‘New California’. Menurutnya, keadaan California saat ini ibarat diatur oleh tirani.

"Oleh karena itu tanggung jawab dan tugas orang-orang yang mengalami pelecehan dan perampasan adalah melepaskan diri dari pemerintah tirani untuk menghapuskannya dan membuat pemerintahan baru untuk rakyat," kata pejabat tersebut dikutip dari Metro, Kamis, 18 Januari 2018.

Begini Jika Pria Tertinggi dan Wanita Terpendek di Dunia Bertemu, Bikin Gemas

Namun pernyataan kemerdekaan itu masih dianggap terlalu dini. Pemisahan diri semacam itu harus disetujui oleh Kongres. Sementara saat ini, Kongres AS bahkan belum membahas mengenai deklarasi tersebut. Kemerdekaan suatu negara bagian membutuhkan proses yang sangat panjang.

Pemisahan negara bagian berdasarkan Konstitusi AS pasal IV bagian 3 menyebutkan bahwa negara baru dapat diterima oleh Kongres. Namun tidak ada negara yang dibentuk atau didirikan di dalam yurisdiksi negara lain dalam formula dua atau lebih negara bagian tanpa persetujuan dari legislatif negara bagian yang bersangkutan dan juga oleh Kongres. (one)
 

Bakrie Says ABAC Forum Result as Recommendations for APEC Leaders
Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024