Cheetah, Mamalia Tercepat di Dunia Pernah Diselundupkan di Riau

Cheetah/ilustrasi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cheetah, salah satu mamalia tercepat di dunia ternyata pernah diselundupkan melalui Riau. Hal itu terungkap setelah polisi membekuk dua pelakunya.

Karya Fotografi Menangkap Keindahan Satwa di Taman Safari, Ada Kisah Menarik di Baliknya

Cheetah Asia disebut dengan istilah latin acinonyx jubatus venaticus. Satwa langka ini juga dikenal dengan istilah kucing besar dengan postur ramping. Isu cheetah belakangan menjadi sorotan dunia karena kehidupannya yang terancam punah. 

Riau memberi kabar mengejutkan soal satwa yang biasa hidup di alam hutan Afrika, India dan beberapa negara Asia itu. Baru-baru ini hewan langka ini pernah diseludupkan melalui perairan Provinsi Riau, Indonesia. Ini terungkap dari hasil penyelidikan kepolisian setelah menangkap dua orang penyeludup satwa, IS dan YT.

Alshad Ahmad Disorot Media Asing, Dianggap Mengeksploitasi Satwa Liar

Kepala Kepolisian Daerah Riau Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Efendi, mengungkapkan saat ini kedua pelaku yang diamankan masih menjalani pemeriksaan intensif oleh Tim Direktorat Kriminal Khusus Polda Riau.

Sementara itu Direktur Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau AKBP Andri Sudarmadi, mengatakan pelaku sudah dua kali melakukan aksi penyeludupan satwa. Sebelumnya pelaku juga mengakui bahwa telah menyeludupkan satwa jenis Cheetah.

Polisi Bongkar Perdagangan Satwa Langka di Bogor, Owa Jawa, Elang, hingga Lutung Budeng

"Dari keterangan pelaku sudah dua kali melakukan penyeludupan satwa. Sebelumnya mereka juga menyeludupkan cheetah," kata Andri kepada VIVAnews, Minggu 15 Desember 2019.

Saat ini, barang bukti yang disita dari pelaku antara lain, empat ekor Singa, satu ekor Leopard (macan tutul), dan 58 ekor kura-kura Indiana star.

Rencananya hewan yang dilindungi badan dunia internasional tersebut akan di bawa ke Lampung. Untuk mengungkap lebih jauh mata rantai para pelaku, pendalaman kasus ini terus dilakukan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya