Polda Jateng Tegaskan Kasus Keraton Agung Sejagat Murni Kriminal

Direskrimum Polda Jawa Tengah Kombes Budi Haryanto.
Sumber :
  • Andry Daud/ VIVAnews.

VIVA – Kepolisian Daerah Jawa Tengah menegaskan, kasus Keraton Agung Sejagat yang dideklarasikan “sang raja” Toto Santoso, bukanlah masalah sepele atau lucu-lucuan. Kasus ini dinilai murni kasus kriminal.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

Direskrimum Polda Jawa Tengah Kombes Budi Haryanto mengatakan, pihaknya telah menelusuri berbagai aspek terkait kasus ini. Hasil sementara, kasus ini tidak terkait dengan fenomena budaya atau kehidupan sosial lainnya di masyarakat.

"Fenomena yang terjadi terkait Keraton Agung Sejagat ini bukan fenomena budaya. Ini kriminal murni, bukan lucu-lucuan," tegasnya dalam Indonesia Lawyers Club tvOne, Selasa, 21 Januari 2020.

Polda Jateng Berlakukan One Way di Jalur Tol Cipali hingga Semarang-Batang

Dia menjabarkan, dari aspek sosiologi, hasil penelusuran Kepolisian kegiatan keraton ini sudah meresahkan masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan tersebut mengganggu masyarakat sekitar.

"Bakar-bakar kemenyan, masyarakat resah. Dari sisi yuridis tentu penyidik tak segampang itu tetapkan tersangka. Kita kumpulkan barang-barang bukti sehingga pidana apa yang dilakukan," katanya.

Digerebek Polisi, Begini Penampakan Happy Water Racikan 2 Koki Sabu di Semarang

Menurut Budi, hasil penyelidikan polisi pula yang membuat Toto tidak dijadikan tersangka kasus makar. Sebab dari aspek kenegaraan, Toto masih mengakui NKRI. 

"Kami tidak pakai pasal makar karena deklarasi ini bukan mendirikan negara. Maka makar kita tidak ada," ujarnya. (ase)

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi pamitan jelang pensiun

Momen Haru Irjen Ahmad Luthfi Lebaran Bareng Anggota: Ini Operasi Ketupat Terakhir Saya

Operasi Ketupat Candi 2024 akan menjadi operasi kepolisian terakhir bagi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi karena akan segera pensiun pada November 2024 mendatang

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024