Modus Nyamar Jadi Teknisi Listrik, Maling AC Babak Belur Diamuk Massa

Ilustrasi tahanan pelaku kejahatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA – Maling dengan modus pura-pura jadi teknisi listrik di Kembangan, Jakarta Barat bernasib apes karena diamuk massa. Pelaku yang mengincar blower air conditioning (AC) kepergok warga saat beraksi.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Pelaku yang babak belur itu diamankan polisi dan dibawa ke Mapolsek Kembangan Jakarta Barat. Pelaku nekat melakukan aksinya mencuri AC pada Minggu kemarin di mini market Jalan Joglo Raya, Kembangan, Jakarta Barat.

Kapolsek kembangan Kompol Binsar mengatakan upaya pencurian dilakukan pada pukul 21.00 WIB. Saat beraksi, pelaku modusnya berpura-pura nyamar jadi teknisi listrik yang ingin memperbaiki lampu di mini market tersebut.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Setelah itu, pelaku pura-pura perbaiki AC. Bukannya perbaiki, pelaku malah mencopot blower AC. Namun, aksi dia kepergok.

"Awalnya dia ngaku sebagai karyawan yang buat benerin lampu, teknisi gitu kan. Modusnya kan awalnya dia buat benerin lampu. Dia malah nyolong AC outdoor," kata Binsar saat dikonfirmasi, Senin 7 Februari 2022. 

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Ilustrasi pelaku kasus pencurian ditangkap polisi.

Photo :
  • VIVAnews/Bambang Irawan

Berdasarkan keterangan saksi, pelaku beraksi dengan dua rekannya yang berhasil kabur. 

Warga yang geram atas aksi pelaku langsung menghadiahi bogem pukulan bertubi-tubi. Beruntung, saat pelaku dihajar massa, anggota polisi yang kebetulan lewat di sekitar lokasi langsung melerai dan kemudian mengamankan tersangka ke dalam mobil patroli.

Komplotan pelaku ini beraksi dengan membawa mobil yang digunakan untuk mengangkut barang curiannya.

“Anggota kita yang kebetulan lewat di lokasi melihat ada yang ramai. Dan, ternyata pelaku sudah diamanatkan massa. Dan, kemudian kita amankan ke mobil patroli," jelas Binsar. 

Dalam aksinya, para pelaku sempat menurunkan empat unit blower AC. Beruntung barang curian tak berhasil digondol kabur karena kepergok warga. 

Pelaku yang tertangkap pun kini tengah menjalani serangkaian pemeriksaan.

“Kita masih selidiki kasusnya untuk menangkap dua pelaku lainnya yang masih melarikan diri," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya