Rudolf Paksa Icha Transfer Rp 19,5 Juta Buat Modal Bunuh 2 Target Lainnya

Pelaku Rudolf membawa troli mayat rekannya, Icha.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Kriminal – Christian Rudolf Tobing (36) diamankan aparat kepolisian karena membunuh Ade Yunia Rizabani atau Icha (36) di kamar apartemen daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Rudolf rupanya turut mengambil uang yang ada di rekening milik korban.

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, momen Rudolf mengambil uang korban terjadi saat korban telah dalam keadaan terikat tangan dan kakinya. Rudolf lalu memaksa korban memberikan uang yang ada di rekeningnya.

"Pelaku mentransfer uang dari rekening korban sebanyak Rp19,5 juta. Lalu pelaku juga sempat meminta korban menghubungi keluarganya untuk ditransfer uang sebesar Rp10 juta," ujar Hengki kepada wartawan, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Pelaku Rudolf (kanan) dalam lift bersama korban Icha.

Photo :
  • Istimewa

Aksi pembunuhan kepada Icha terjadi pada Senin 17 Oktober 2022. Korban dibunuh dengan cara ditampar hingga dicekik.

Kejagung Bantah Kabar Pembukaan Blokir Rekening Harvey Moeis

Adapun Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga menambahkan, momen Rudolf mengambil uang Icha terjadi saat korban dicecar alasan masih berteman dengan pria inisial H. Sosok H itu diketahui merupakan taget utama pembunuhan dari Rudolf.

"Pelaku menyampaikan kepada korban kamu akan ada di kubu mana? Saya atau H? Dan dijawab korban di bagian kamu. Selanjutnya pelaku berbicara dengan korban kamu harus membantu saya dengan cara memberikan saya sejumlah uang untuk membantu saya menghabisi saudara H," kata Panjiyoga.

Saat diamankan oleh polisi, Rudolf mengaku uang yang di transfer dari rekening Icha akan digunakan untuk modal menghabisi nyawa sosok berinisial H tersebut. Selain itu, Rudolf juga menargetkan perempuan dengan inisial S.

"Keterangannya untuk operasional melakukan dua pembunuhan lagi target yang ditargetkan pelaku," katanya.

Niat jahat Rudolf itu dapat tercium oleh aparat kepolisian. Rudolf berhasil ditangkap di daerah Pondok Gede, Bekasi, pada Selasa 18 Oktober 2022 siang.

Rekaman CCTV pelaku Rudolf saat membawa mayat Ade Yunia alias Icha dengan troli.

Photo :
  • Istimewa/Foe Peace Simbolon

Sebelumnya diberitakan, Polisi terus menyelidiki kasus pembunuhan Ade Yunia Rizabani atau Icha yang dilakukan oleh Christian Rudolf Tobing. Terkait aksi kejinya itu, Rudolf mengaku kepada polisi bahwa dia sempat mempelajari cara membunuh orang.

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga mengatakan dalam pernyataannya bahwa Rudolf sempat mencari informasi cara membunuh orang tanpa bersuara di internet. Rudolf kemudian mempelajari hal itu selama tiga hari.

"Pelaku men-searching lagi bagaimana cara membunuh orang supaya tidak bersuara. Itu dipelajari selama tiga hari," kata Panjiyoga kepada wartawan, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Cara tersebut yang akhirnya dipakai Rudolf dalam membunuh Icha di kamar apartemen daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada Senin 17 Oktober 2022. Icha kemudian tewas usai ditampar hingga dicekik oleh Rudolf. 

Panjiyoga mengungkap cara itu sebenarnya upaya terakhir Rudolf dalam menghabisi nyawa korbannya. Sebenarnya Rudolf sempat berencana untuk menyewa pembunuh bayaran.

"Jasa itu (pembunuh bayaran) tidak jadi karena menurut keterangan pelaku itu tarifnya terlalu mahal dan pelaku tidak sanggup," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya