Tampang Erick, Debt Collector yang Bentak Aiptu Evin Bikin Darah Irjen Fadil Mendidih

Erick Johnson Saputra Simangunsong, Debt Collector yang bentak polisi
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA Kriminal – Polda Metro Jaya telah meringkus Erick Johnson Saputra Simangunsong, debt collector utama yang membentak dan memaki anggota Bhabinkamtibmas Aiptu Evin buntut penarikan paksa  mobil milik selebgram Clara Shinta

Pelapor Pendeta Gilbert soal Penistaan Agama Diperiksa Polisi, Ngaku Ngasih Ini ke Penyidik

Berdasarkan pantauan VIVA, debt collector Erick Johnson tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 13.30 WIB. Ia sebelumnya berhasil ditangkap di Labuan Baru, Sumatera Utara.

Debt collector Erick Johnson yang mengenakan hoodie turun dari mobil dengan dikawal ketat anggota Subdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Erick akan menjalani pemeriksaan lantaran membentak dan memaki Aiptu Evin.

Maju Pilgub Sumatera Utara, Edy Rahmayadi: Jangan Membawa Intervensi Kekuasaan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Konpres Pembunuhan di Bekasi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tidak ada sepatah kata yang diucapkan Erick kepada awak media. Dia hanya berjalan cepat dan langsung masuk ke Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya. 

Edy Rahmayadi Siap Bertarung Lawan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

Sejauh ini, baru lima dari total tujuh debt collector yang berhasil ditangkap. Keempat debt collector itu dijerat dengan Pasal 214 KUHP tentang pengancaman terhadap petugas dengan ancaman maksimal 7 tahun.

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial video menyebut kalau debt collector menarik mobil Selebgram Clara Shinta hingga bentak-bentak polisi.

Erick Johnson Saputra Simangunsong, Debt Collector yang bentak polisi

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Salah satu yang memosting adalah akun Instagram @wargajakarta.id. dalam postingannya disertakan video Clara Shinta itu menangis. Para debt collector nampak marah buntut tak mau menunggu keluarga si wanita datang.

"DUDUK PERKARA DEBT COLLECTOR TARIK MOBIL WANITA SAMPAI BENTAK-BENTAK POLISI," demikian seperti dikutip, Senin 20 Februari 2023.

Darah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Mendidih

Buntut kasus selebgram Clara Shinta yang mobilnya ditarik paksa debt collector, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran nampak geram. Dia nampak marah saat analisa dan evaluasi mingguan bersama jajarannya.

Hal itu diketahui dari akun Instagram resmi @kapoldametrojaya. Irjen Fadil nampak makin kesal karena bisa-bisanya seorang polisi anggota bhabinkamtibmas yang coba membantu menyelesaikan masalah ini malah dibentak-bentak oleh para debt collector yang menarik paksa mobil Clara Shinta.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Sampai tadi malam, saya tidur jam tiga, darah saya mendidih itu, saya lihat anggota dimaki-maki begitu," ucap Fadil seperti dikutip, Selasa 21 Februari 2023.

Mantan Kapolsek Metro Tanah Abang itu menegaskan tidak boleh lagi ada debt collector yang berkata kasar semacam ini di Ibu Kota. Dia memerintahkan anak buahnya mencari perusahaan leasing yang masih nekat memakai jasa debt collector semacam ini.

"Debt collector itu kalau ada ngomongnya kasar, termasuk yang order itu, siapa itu perusahaan leasing yang order itu, gak boleh lagi debt collector yang menggunakan kekerasan menteror orang. Enggak boleh lagi. Saya perintahkan kamu itu," katanya.

Seleb TikTok, Clara Shinta

Photo :
  • TikTok

Sejauh ini, tiga dari tujuh debt collector yang berkasus dengan selebgram Clara Shinta dan turut memaki Aiptu Evin Susanto kini telah ditangkap Polda Metro Jaya.

"Ya, ada yang sudah kami amankan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Rabu 22 Februari 2023.

Selain itu, Hengki mengaku pihaknya juga menangkap empat orang preman. Komplotan preman itu sudah jadi tersangka dan ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya