Petugas SPBU di Kalideres Diduga Dihipnotis, Uang Setoran Raib

ilustrasi penipuan hipnotis.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andry Arifin

VIVA Kriminal – Dua petugas di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kalideres, Jakarta Barat mengalami penipuan diduga dengan modus hipnotis oleh seorang pelaku. Akibatnya, korban kehilangan uang hingga sekitar Rp10 juta.

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

Pimpinan SPBU Rudiansyah mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Jumat, 12 Mei 2023. Pelaku datang ke lokasi dengan menggunakan mobil.

"Pelaku itu turun, lewat pintu masuk sendirian. Pelaku pakai topi, pakai masker. Pertama dia ketemu operator cewek, jadi modusnya tukar uang," ujar Rudiansyah dalam keterangannya kepada awak media, Selasa, 23 Mei 2023.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Ilustrasi SPBU

Photo :

Pelaku beraksi terhadap dua orang sekaligus. Awalnya, pelaku berhasil menggasak uang dari operator SPBU. Kemudian datang teman korban menghampirinya. Operator kedua pun ikut terperdaya.

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

"Operator pertama kena Rp 1,2 juta kurang lebih. Yang kedua kurang lebih Rp 8,9 juta. Jadi satu jam itu ada dua korban, kena (hipnotis) kurang lebih Rp 10 juta," ujarnya.

Korban baru tersadar ketika akan menyetorkan uang tersebut ke atasannya. "Dia enggak sadar, dua-duanya operatornya. Bisa dibilang hipnotis berarti. Tiba-tiba pas malamnya pas rekapan uang (berkata) 'lho kok duitnya kurang banyak',” ujarnya.

Aksi pelaku berhasil terekam CCTV. Pelaku  memakai kaus hitam dan memakai topi. "Ternyata kalau dilihat dari CCTV kelihatan orang yang ngambil itu si pelaku," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya