Satpam Wanita Alami Pelecehan Lapor ke Polisi, Pihak Perusahaan Buka Suara

Ilustrasi pelecehan seksual
Sumber :

Morowali - PT Baoshuo Taman Industry Investment Group (BTIIG) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) angkat bicara terkait kasus pelecehan seksual yang dilakukan seorang Manager terhadap sekuriti wanita inisial HL (18). 

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

External Manager PT BTIIG Morowali Cipto Rustianto menuturkan, jika pihaknya saat ini tengah melakukan investigasi dengan segera mengusut kasus pelecehan yang diduga dilakukan oleh seorang pimpinan terhadap bawahannya. 

"Mendengar beredarnya berita tentang adanya pelaporan mengenai perusahaan kami. Mengenai hal tersebut, saat ini kami sedang memulai investigasi secara internal terhadap kejadian ini," kata External Manager PT BTIIG Morowali Cipto Rustianto dalam keterangannya kepada VIVA, Rabu 14 Juni 2023.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Cipto menjelaskan, dugaan pelecehan yang dilakukan Manager MI terhadap Satpam wanita ini masih dalam proses pendalaman. Pihak perusahaan juga bekerja dengan mencari fakta-fakta terkait dugaan perbuatan tak senonoh itu. 

Ilustrasi pelecehan seksual.

Photo :
  • Unsplash
Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

"Jadi saat ini kami akan memverifikasi fakta yang terjadi setelah investigasi ini selesai dan fakta-fakta kejadian kita temukan," katanya

Cipto mengaku jika pihak perusahaan akan segera mengeluarkan pernyataan resmi setelah proses investigasi selesai dan fakta itu dapat dibuktikan. 

"Nantinya kita akan mengeluarkan statement setelah kami menyelesaikan investigasi kami dan mendapatkan fakta-fakta kejadian," ujarnya.

Lebih lanjut, Cipto menambahkan, pihak perusahaan tidak akan menghalangi pelapor terkait pelaporan yang dilayangkan. Pihak perusahaan, kata dia, akan siap mengikuti proses hukum yang tengah ditempuh korban. 

Selain itu, lanjut Cipto, pihak perusahaan juga akan kooperatif kepada penyidik Polres Morowali jika nantinya dibutuhkan keterangan dari pihak perusahaan.

"Kemudian kami dari pihak perusahaan akan mengikuti perkembangan kasus dan akan mematuhi proses hukum yang dibutuhkan dari PT BTIIG," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang wanita yang berprofesi sebagai sekuriti di perusahaan pengolahan tambang nikel di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) dilecehkan oleh atasannya. Satpam berinisial HL berusia 18 tahun itu kini melaporkan langsung pimpinannya ke polisi.

Informasi yang diperoleh, satpam wanita yang bekerja di PT Baoshuo Taman Industry Investment Group (BTIIG) itu disebut telah dilecehkan berulang kali oleh manager dari perusahaan tersebut. Parahnya, pelecehan itu dilakukan oknum manager tersebut terhadap sejumlah karyawan wanita lainnya. 

Kapolres Morowali AKBP Suprianto mengatakan, pelaporan dugaan pelecehan itu telah diterima dan sementara diselidiki oleh jajarannya di Polsek Bungku Barat.

"Benar, laporannya sudah ada di Polsek Bungku Barat. Kasusnya sementara dalam penyelidikan," ujar  AKBP Suprianto saat dimintai konfirmasi, Selasa 13 Juni 2023.

Suprianto menjelaskan, dugaan pelecehan tersebut terjadi pada Minggu 11 Juni lalu di wilayah perusahaan PT BTIIG, Kecamatan Bungku Barat, Morowali. Bentuk pelecehan itu dilakukan terlapor pria MI dengan menyentuh payudara dan kemaluan korban sembari memeluk secara paksa.

"Laporan bentuk pelecehannya itu seperti bagian tubuh sensitif korban diraba-raba oleh terlapor. Dan terlapor ini memang menjabat Manager Security PT BTIIG," ungkapnya

Suprianto mengaku, jika pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi termasuk rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadi

"Belum kita bisa jelaskan lebih jauh. Karena kasus masih kita dalami. Nanti setelah diselidiki dengan memeriksa saksi-saksi dan CCTV baru kita bisa ungkapkan," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya