Pembunuh Mahasiswa UI Mengaku Dihantui Korban hingga Hendak Bunuh Diri

Pelaku pembunuhan mahasiswa Universitas Indonesia (UI)
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama

Depok - Usai membunuh adik tingkatnya di Universitas Indonesia (UI), Altafasalya Ardnika Basya (23) alias Altaf mengaku sering dibayangi wajah korban. Pelaku mengaku trauma dan merasa tidak tenang. Bahkan Altaf sempat ingin bunuh diri setelah menghabisi nyawa juniornya yaitu MNZ (19).

Berhari-hari Tak Terlihat, Penghuni Indekos di Depok Ditemukan Tewas Membusuk

“Jadi dia sempat ingin bunuh diri karena dihantui korban,” kata Wakasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Nirwan Pohan, Sabtu (5/8/2023).

Altaf adalah mahasiswa angkatan 2020 di jurusan Sastra Rusia Fakultas Ilmu Budaya. Sedangkan MNZ adalah adik tingkatnya yang terpaut dua tahun. Mereka memang sering bersama baik di kampus ataupun luar kampus. Altaf mengaku tidak ada masalah dengan korban.

Pemuda di Luwu Sebar Video Porno Mantan Pacar Gegara Kesal Ditolak Balikan

Kaman kos mahasiswa UI korban pembunuhan seniornya

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama

“Saya ngga ada masalah dengan dia. Saya hanya khilaf dan hopeless,” katanya.

Warga Robohkan Rumah Pelaku Pemerkosa Anak di Bawah Umur di Jeneponto

Pembunuhan tersebut dilakukan di kamar kos korban di Jalan Palakali, Kukusan, Beji, Depok. Saat itu pelaku mengantar korban pulang ke kosannya. Kemudian terjadilah pembunuhan sadis tersebut. Namun setelah itu Altaf mengaku tidak tenang dan selalu didatangi korban dalam mimpi.

“Beberapa waktu lalu saya pernah mimpi ditangkap. Terus setelah kejadian saya mimpi dibunuh korban dan disaksikan banyak orang,” ungkapnya.

Dia percaya mimpi tersebut bukan hanya bunga tidur, tetapi karena ada rasa tidak tenang dalam dirinya. Altaf merasa sering dihantui korban.

“Saya percaya mimpi adalah pertanda,” ungkapnya.

Pemuda yang bercita-cita sebagai diplomat itu menuturkan, dirinya sengaja tidak melarikan diri karena ingin mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Selama dua hari, dia hanya berada di sekitar area kosan. Hingga saat polisi menjemputnya di kosan, Altaf pun tidak melawan.

“Saya menyerahkan diri ke kosan saya pulang dan ikuti prosedur dengan kooperatif,” tukasnya.

Dia mengaku menyesali perbuatannya. Dia pun menyampaikan maaf pada seluruh keluarga korban, keluarganya sendiri dan civitas akademika UI.

Pembunuh mahasiswa UI ditangkap polisi di kosan Depok

Photo :
  • Galih Purnama/Depok

“Saya meminta maaf, saya kakak tingkat dari almarhum ingin meminta maaf sebesar-besarnya kepada ibu korban, bapak, keluarga dan kerabat, teman, pihak-pihak yang dirugikan serta semua pihak yang sudah saya kecewakan,” tukasnya.

Altaf dijerat Pasal 340 dan atau 338 dan atau 365 KUHP. Ancaman hukuman mati atau seumur hidup.

“Saya akan menjalankan hukuman dan menerima konsekuensinya dengan kooperatif,” pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya