Nyamar Jadi Wanita Cantik di Facebook, Pria Ini Tipu Puluhan Juta Warga Kalimantan

Ilustrasi pengguna Facebook.
Sumber :
  • www.pixabay.com/geralt

Makassar – Seorang pria inisial S di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, (Sulsel) ditangkap Polda Sulsel. Pria 50 tahun itu ditangkap karena telah melakukan penipuan terhadap warga Kalimantan berinisial AW (35).

Bocah 7 Tahun di Makassar Mesum di Kuburan, Mengaku Karena Sering Nonton Film Porno

Panit I Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel, AKP Iqbal Usman, mengungkapkan awal mula penipuan itu. Kata dia, penipuan pria S dilakukan dengan menyamar jadi wanita cantik di media sosial Facebook. Pria S pun mencoba berkenalan dengan AW hingga akrab saling chatingan.

"Awalnya Korban dengan pelaku berkenalan lewat Facebook. Dari situ mereka pun akrab komunikasi," kata AKP Iqbal kepada wartawan di Mapolda Sulsel, Rabu 20 September 2023.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Ilustrasi Facebook.

Photo :
  • hdimagegallery.net

Setelah korban dan pelaku akrab, kata Iqbal, pria S pun mengajak korban AW untuk menikah. Karena foto S yang dipasang seorang perempuan yang sangat cantik akhirnya AW pun percaya. Dia kemudian mau menikah. Hanya saja, pelaku S meminta syarat ke korban yakni berupa uang Rp 50 juta dengan dalih sebagai bukti keseriusan.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

"Jadi pelaku mengajak korban menikah. Korban pun mau karena tertarik foto pelaku ini yang dipasang wanita cantik. Tapi pelaku meminta dana terlebih dahulu senilai Rp 50 juta. Alasannya sebagai bukti keseriusan korban kalau benar-benar mau menikah," ungkapnya

Karena begitu serius, lanjut Iqbal, korban AW pun langsung mengirim uang senilai Rp.50 juta sebagai mahar dan tanda keseriusannya. Berselang beberapa hari, AW yang merupakan warga Kalimantan datang ke Makassar dengan maksud bertemu S dan melangsungkan pernikahan.

Setelah tiba di Makassar, AW diberi petunjuk oleh S, bahwa dirinya sedang berada di pesantren dan merupakan santri dari pesantren tersebut. AW yang penasaran mendatangi pesantren yang di maksud S, sampai di lokasi tidak ada yang mengenali S. Saat itu juga AW merasa ditipu oleh S sehingga melaporkan kasus ini di Mapolda Sulsel.

"Jadi korban ini sudah serius sampai datang ke Makassar untuk menikah. Tapi setibanya di Makassar pelaku malah mengelabui lagi soal keberadaannya. Di situ akhirnya korban merasa ditipu dan melapor ke Polda Sulsel," ungkap Iqbal.

Berangkat dari laporan itu, pihak kepolisian pun melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus pelaku di Kabupaten Gowa, Sulsel. "Saat ini pelaku bersama barang bukti diamankan di Polda Sulsel guna proses penyelidikan lebih lanjut," ungkap Iqbal memungkasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya