Pria di Tangerang Ditangkap Terkait Penipuan Tiket Konser Coldplay, Raup Untung Rp 170 Juta

Polsek Panongan, Tangerang, merilis kasus penipuan tiket konser Coldplay
Sumber :
  • VIVA/Sherly

Tangerang – MFR, pria 23 tahun ini ditangkap usai melakukan tindak penipuan tiket konser Coldplay yang baru saja digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta.

12 Tersangka Perundungan Siswa SMA Internasional di Tangsel Segera Diadili

Kapolsek Panongan, Iptu Hotma P. A Manurung mengatakan, berawal adanya laporan sejumlah korban yang tinggal di Panongan, Kabupaten Tangerang. Dimana, ia tertipu oleh jasa calo tiket konser Coldplay.

"Para korban ini melapor ke kami, dimana mereka ini ditawarkan jasa tiket pembelian konser Coldplay yang beberapa hari lalu digelar di Jakarta," katanya, Jumat, 17 November 2023.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Korban mendapatkan jasa tersebut dari media sosial. Dimana, pelaku menawarkan harga mulai dari Rp2 juta hingga Rp14 juta per tiket dengan masing-masing kategori.

Polsek Panongan, Tangerang, merilis kasus penipuan tiket konser Coldplay

Photo :
  • VIVA/Sherly
Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Selanjutnya, pelaku mengaku telah mendapatkan tiket tersebut dan akan diberikan pada H-20 konser. Namun hingga H-1 pelaksanaan konser, tiket belum juga diterima oleh para korban, sehingga dilakukan pelaporkan ke kepolisian.

"Kami tindak lanjut dengan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku. Yang mana dari hasil pemeriksaan, ia telah melakukan aksi penipuan tiket konser lebih dari 7 orang korban dengan keuntungan Rp170 juta," ujarnya.

Saat ini, pria tersebut pun akan dijerat pasal 378 KUHPidana terkait dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongann menggerakan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.

Untung Rp 1,3 Miliar

Kasus penipuan tiket konser Coldplay juga sempat viral di media sosial X yang menceritakan seorang wanita berinisial GA yang diduga melakukan penipuan tiket konser Coldplay kepada banyak korban hingga meraup untung Rp 1,3 milliar.

"Dear all Customer, dan customer saya pribadi. Mohon maaf sebesar-besarnya atas kejadian yang menimpa kita semua hari ini. Saya menginfokan teman-teman semua bahwa ‘supplier’ kami Ghisca Debora Aritonang telah melakukan ‘scam’/penipuan terhadap kita dengan modus penjualan tiket konser ‘compliment’," tulis yang terunggah.

Polres Metro Jakarta Pusat masih menyelidiki viralnya kasus penipuan tiket konser Coldplay. Polisi masih melakukan mengumpulkan bukti-bukti mengenai kasus penipuan yang diduga dilakukan wanita berinisial GA yang berhasil raup untung hingga Rp 1,3 miliar.

Kasatreskrim Polres Metro Jakarta pusat Kompol Chandra Mata Rohansyah mengatakan pelaku GA bermodus pura-pura menyediakan jasa pencarian tiket konser coldplay kepada para korbannya hingga menimbulkan kerugian hingga Rp 1,3 miliar.

"Kami sedang melakukan penyidikan dan pemeriksaan yang mendalam dan intensif, serta mengumpulkan bukti-bukti," kata Chandra Mata Rohansyah dalam keterangannya, Jumat 17 November 2023.

Polisi pun akan segera menetapkan tersangka dalam waktu dekat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya