Penampakan Pria Ternyata Jaksa Gadungan Ditangkap, Ngaku Jamintel!

Seorang pria mengaku sebagai jaksa diamankan
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Seorang pria berinisial IY mengaku sebagai jaksa diamankan. Diduga IY mengenakan seragam dan atribut kejaksaan untuk tujuan tertentu.

Pengakuan Yusup Pegawai Gadungan KPK Berani Peras Pejabat Pemkab Bogor

"Tim Pengamanan Sumber Daya Organisasi (Tim PAM SDO) atau Satgas 53 berhasil mengamankan seorang oknum yang mengaku sebagai jaksa yaitu pria berinisial IY. Adapun pengamanan dilakukan karena yang bersangkutan diduga telah menggunakan seragam dan atribut Kejaksaan untuk tujuan tertentu," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana. kepada wartawan, Senin 4 Desember 2023.

Ketut menuturkan, dari pengakuan IY menggunakan seragam dan atribut kejaksaan untuk mencari pasangan. Dengan cara itu, agar IY menciptakan kesan gagah demi kepentingan diri sendiri.

Yusup si Pegawai Gadungan KPK Dicokok, Mobil Porsche-Uang RP300 Juta Disita

Ilustrasi/borgol.

Photo :
  • ientrymail.com

Namun, ia mengatakan, belum ditemukan fakta adanya permintaan barang, uang atau materi lainnya dari IY terhadap pihak-pihak lain.

KPK Tangkap Pegawai Gadungan Diduga Peras Pejabat di Bogor

"Telah diketahui, saudara IY selalu memperkenalkan diri kepada teman-temannya sebagai jaksa yang pernah bertugas di Kejaksaan Negeri Palembang, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan saat ini mengaku bertugas di Direktorat D pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen," ujarnya.

Lebih lanjut, Ketut mengatakan IY mengklaim cuma punya tiga jenis seragam dan atribut kejaksaan. Pertama, Pakaian Dinas Harian (PDH), lalu Pakaian Dinas Luar (PDL), kemudian seragam Direktorat D Bidang Intelijen yang berwarna abu-abu.

"IY mengaku bahwa ketiga seragam tersebut telah dibakar di depan keluarganya pada Jumat 1 Desember 2023. Oleh karena saudara IY mengaku telah membakar seragam Kejaksaan yang ia miliki, tim PAM SDO/Satgas 53 melakukan penyisiran pada tempat tinggal dan kendaraan pribadi yang bersangkutan dan hasilnya tidak ditemukan seragam dan atribut kejaksaan pada tempat-tempat tersebut," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pengamanan saudara IY sebagai jaksa gadungan dilakukan berdasarkan Surat Perintah Operasi Intelijen Pengamanan Sumber Daya Organisasi Nomor: SP.OPS-459 tanggal 28 November 2023.

Selanjutnya, kata Ketut, untuk memastikan tak adanya indikasi penyalahgunaan seragam dan atribut kejaksaan, maka perlu juga dilakukan pemeriksaan digital forensik terhadap alat komunikasi milik IY.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya