Kebiadaban Ortu Aniaya Anak Berkebutuhan Khusus hingga Tewas: Alat Vital Ditusuk hingga Diseret

Pasutri penganiaya anak hingga tewas ditangkap polisi.
Sumber :
  • tvOne/Denden Ahdani

Tasikmalaya - Pasangan suami istri atau pasutri berinisial SM (50) dan BK (61), warga Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dibekuk polisi. Status pasutri itu juga sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan menganiaya anak kandung yang berkebutuhan khusus hingga tewas.

Bocah 8 Tahun di Samarinda Disiksa Ibu dan Ayah Tiri

Aksi keji pasutri itu belum terungkap saat korban berinisial AN (10) meninggal dengan kondisi tak wajar pada Oktober 2023. Namun, orang tua angkat korban menaruh curiga bahwa bocah AN meninggal karena dianiaya.

Kecurigaan itu mengarah kepada kedua orang tua kandung korban sebagai terduga pelaku. Lantaran curiga, orang tua angkat korban melaporkan dugaan itu ke Polres Tasikmalaya.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Polisi selanjutnya melakukan ekshumasi atau membongkar makam korban untuk kepentingan autopsi. Kemudian, polisi melakukan penyelidikan hingga melakukan penggeledahan rumah ortu kandung korban.

Pasutri penganiaya anak yang ditangkap polisi.

Photo :
  • tvOne-Denden Ahdani
Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Suhardi Hery Haryanto menjelaskan dari hasil ekshumasi dan autopsi terhadap jasad korban, ditemukan sejumlah luka yang tak wajar. Pun, berdasarkan hasil temuan autopsi, polisi mengamankan ortu kandung korban sebagai tersangka.

"Mengacu pada hasil autopsi, kami menemukan sejumlah luka yang tak wajar di tubuh korban. Dari sana kami langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan kedua orang tua kandung korban," kata Suhardi, saat konferensi pers di Mapolres Tasikmalaya, Senin, 4 Desember 2023.

Menurut dia, setelah penyidik melakukan pemeriksaan dan dan ada pengakuan dari pasutri tersebut, ternyata korban mengalami kekerasan fisik. Aksi keji pasutri itu diduga melakukan pemukulan menggunakan gayung kepada korban.

Selain itu, ortu itu tega menyeret kepala korban serta menusuk bagian vital korban menggunakan benda tumpul. Diduga aksi penganiayaan itu dilakukan secara berulang selama tiga bulan, sebelum akhirnya korban meninggal tak wajar.

"Ternyata kedua pelaku merupakan orang tua kandung korban. Pelaku memukul anaknya dengan gayung, kemudian menyeret sampai kepala korban terbentur, hingga menusuk bagian vital korban menggunakan benda tumpul," jelas Suhardi.

Dia menambahkan, motif penganiayaan ortu terhadap anak kandungnya yang berkebutuhan khusus itu hanya karena sang bocah rewel. Selama ini, korban kerap menangis saat hendak dimandikan. Di sisi lain, dua pelaku diketahui punya sikap temperamental.

"Jadi, si kedua pelaku ini memiliki sifat tempramen. Dan, tidak memiliki kemampuan untuk mengasuh anaknya yang berkebutuhan khusus. Harusnya korban diasuh selayaknya dengan pendekatan secara khusus," jelas Suhardi.

Selain menangkap dua pelaku, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti yang digunakan untuk menganiaya korban. Imbas perbuatannya, dua pelaku dijerat pasal 80 Undang-undang RI tahun 2014 tentang perlindungan anak, juncto pasal 351 KUH Pidana dengan ancaman 15 tahun penjara.

Laporan: Deden Ahdani, Tasikmalaya-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya