Terungkap Status Pernikahan Ayah Tega Bunuh Anaknya di Jagakarsa

Rumah 4 anak ditemukan tewas terkunci di Jagakarsa, Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

Jakarta – Panca Darmansyah (41), yang diduga tega membunuh empat anak kandungnya sendiri di Jagakarsa, Jakarta Selatan, diketahui belum mendaftarkan pernikahannya dengan sang istri, D, ke Kantor Urusan Agama (KUA) maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Yakob, Ketua RT 004 RW 03 Kelurahan Jagakarsa, mengatakan Panca diketahui menikah siri dengan D sehingga tidak memiliki kartu keluarga (KK) saat dimintai data diri, ketika akan mengontrak di wilayah tersebut sekitar sembilan bulan lalu.

"Kan saya mintain KTP sama si P, tapi enggak dikasih-kasih tuh. Alasannya, (P bilang), 'Saya nikah di bawah tangan', siri, gitu. Jadi, belum ada KK," ujar Yakob dalam keterangannya, Kamis 7 Desember 2023.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Menurut Yakob, selama Panca tinggal di lingkungannya, keluarganya jarang bersosialisasi dengan tetangga dan warga sekitar.

TKP penemuan jesad 4 anak di Jagakarsa, Jakarta Selatan

Photo :
  • YouTube: VIVA
Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

Panca diketahui perantau asal Aceh dan tidak memiliki pekerjaan tetap. Sementara istri sirinya, D, bekerja sebagai karyawan swasta, namun tidak diketahui pasti tempat kerja D yang merupakan warga asli Jagakarsa itu.

"Yang jelas istrinya (P) itu pagi keluar, sorenya pulang ke rumah. Si pelaku juga kadang gitu," ujar Yakob.

Yakob menjelaskan anak-anak mereka yakni VA (6), S (4), A (3), dan As (1), seringkali bermain di pelataran kontrakan. Tetangga pun lebih sering berinteraksi dengan anak-anaknya dibandingkan dengan P dan D.

"Sering main di sini (halaman kontrakan). Makanya kadang-kadang dikasih makanan sama tetangga," ujar Yakob.
 
Diberitakan sebelumnya, warga Gang Haji Roman, RT 04 RW 03, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu 6 Sesember 2023, digegerkan dengan aroma bau busuk yang menyengat yang berasal dari sebuah rumah kontrakan pasangan suami istri beserta anak-anaknya.

Di dalam rumah, polisi dibantu warga menemukan keempat anak dalam keadaan tewas di salah satu kamar. Keempatnya berinisial VA (6), S (4), A (3), dan As (1).

Sementara ayah korban ditemukan telentang lemas di kamar mandi dengan lengan terluka dan sebilah pisau. Diduga, pelaku hendak melakukan percobaan bunuh diri.

Dalam hal ini polisi menduga, Panca diduga tega menghabisi nyawa anak-anaknya sendiri sebelum berniat bunuh diri.

Istri Panca, inisial D, hingga kini dirawat di RSUD Pasar Minggu akibat kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan suaminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya