Tiga Brimob Polda Sulsel Dipecat Tidak Hormat, Mulai dari Kasus Terlibat Narkoba Sampai Bolos Kerja

Ilustrasi oknum polisi.
Sumber :
  • Antara FOTO.

MAKASSAR - Tiga oknum anggota Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) telah dipecat dari institusinya lantaran terlibat berbagai kasus. Ketiga anggota Polri itu dijatuhi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Heru Novianto mengatakan, bahwa ketiga jajarannya itu dijatuhi sanksi PTDH lantaran terlibat kasus narkoba hingga desersi. Ketiga anggota Brimob itu pun telah diupacarakan terkait pemecatannya.

"Upacara pemberhentian secara tidak terhormat kepada ketiga anggota Sat Brimob Polda Sulsel yang melanggar telah dilaksanakan," kata Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Heru Novianto, dalam keterangannya kepada VIVA, Sabtu 30 Desember 2023.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Ilustrasi narkoba.

Photo :
  • dok. Pixabay

Dia menjelaskan, bahwa Ketiga anggota Brimob Polda Sulsel itu adalah Brigpol Ruslan, Brigpol Freski Sahala, dan Bripda Arya Fitrah Prawira. Ketiga anggota Brimob ini, kata Heru, diberhentikan dengan pertimbangan telah melakukan pelanggaran yang dinilai sangat fatal.

“Pertimbangan diberhentikan karena mereka melakukan pelanggaran yang fatal, satu diantaranya yakni Brigadir Ruslan yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba," bebernya.

Adapun Brigadir Freski, kata Heru, dia disanksi PTDH karena terlilit utang dan tidak bisa dibayar. Brigadir Freski pun kemudian bolos kerja dengan tidak pernah masuk dinas selama lebih dari 30 hari berturut-turut.

"Dia (Brigadir Freski) tidak pernah masuk dinas selama 30 hari berturut-turut tanpa pemberitahuan. Dia disebut melarikan diri dan tidak kembali lagi sampai sekarang. Bahkan orang tuanya juga tidak tahu keberadaannya," bebernya.

Selanjutnya Bripda Arya, dia diberi sanksi keras dengan pemecatan dari anggota Sat Brimob Polda Sulsel, karena lebih dari satu tahun tidak masuk dinas. Dia (Bripda Arya) dikatakan oleh orang tuanya sudah tidak masuk berdinas.

"Dia (Arya) di PTDH karena sudah setahun tidak berdinas," terangnya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Ilustrasi surat pemecatan

Photo :
  • flickr


Atas pemberhentian ini, kata Kombes Heru, Brimob Polda Sulsel mengimbau kepada anggota yang masih aktif agar tidak melakukan kesalahan yang sama dengan tiga anggota yang dipecat tidak dengan hormat.

Selain itu, pihaknya juga berharap agar masyarakat mengetahui bahwa yang bersangkutan saat ini bukan lagi sebagai abdi negara.

“Anggota yang aktif, jangan lakukan pelanggaran karena sanksi berat menanti. Kepada masyarakat agar mengetahui bahwa ketiganya tidak lagi berstatus sebagai anggota polisi,” tegasnya.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024