Nasib Anggota Polsek Tambora yang Terlibat Penangkapan Saipul Jamil, Diperiksa Propam

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Syahduddi
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta - Propam bakal memeriksa anggota unit narkoba Polsek Tambora yang terlibat dalam penangkapan penyanyi dangdut Saipul Jamil.

Terpopuler: Gempa Garut, Dewas Bongkar Perilaku Wakil Ketua KPK, Keluarga Polisi ke Jakarta

Hal itu diungkap Kapolres Metro Jakarta Barat, Komisaris Besar Polisi M Syahduddi. Dirinya mengungkap, pemeriksaan tersebut lantaran adanya indikasi pelanggaran prosedur yang dilakukan oleh anggota.

“Disatu sisi kita mengapresiasi upaya  anggota unit narkoba Polsek Tambora  dalam melakukan penegakan hukum dan memberantas narkoba di wilayah nya, namun disisi lain, ketika ada indikasi pelanggaran prosedur dalam tindakannya," ujarnya, Selasa 9 Januari 2024.

Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Kapolres Metro Jakarta Barat jumpa pers penangkapan Saipul Jamil

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Dia menyebut, pihaknya tak bakal segan memberi punishment atau hukuman kepada setiap anggota yang kedapatan melanggar. Demi menjamin obyektifitas dan menghindari konflik kepentingan, anggota unit narkoba Polsek Tambora yang terlibat dalam penangkapan pelaku narkoba itu sudah dibebastugaskan sebagai penyidik selama pemeriksaan oleh propam Polres Metro Jakbar.

Polisi Bongkar Home Industri Narkoba Sintetis di Perumahan Mewah Sentul

"Kami menjamin pemeriksaan Propam terhadap anggota yang terlibat dalam penangkapan tersebut berjalan dengan obyektif dan bisa memberikan rasa keadilan bagi semua pihak," katanya.

Sebelumnya diberitakan, pedangdut Saipul Jamil diamankan polisi di tengah jalan raya. Videonya pun viral di media sosial.

Salah satunya diposting akun Instagram @jakartabarat24jam. Polisi dengan pakaian preman nampak coba membawa Saipul ke dalam mobil. Kejadiannya di sekitar Halte Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, hari ini, sekira pukul 15.00 WIB.

"Artis Saipul Jamil ditangkap min di Jelambar barusan jam 15.00, diduga narkoba, yg nangkap intel2 soalnya," demikian seperti dikutip, Jumat 5 Januari 2024.

Saipul Jamil.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito.

Terkait hal ini, polisi pun angkat bicara. Kapolsek Tambora, Komisaris Polisi Donny Agung mengatakan, Saipul bukan ditangkap. Menurutnya, Saipul terpaksa ikut diamankan karena saat itu pihaknya sedang melakukan penangkapan terhadap orang lain. Kebetulan, Saipul juga ada didalam mobil yang ditumpangi.

Pedangdut Saipul Jamil akhirnya bebas dan dinyatakan tidak bersalah dalam kasus narkoba yang sebelumnya sempat menjeratnya, Senin 8 Januari 2024. 

Saipul Jamil dibebaskan dari Polsek Tambora dengan tim kuasa hukumnya. Dalam tampilannya, Saipul terlihat menggunakan pakaian putih dengan celana hitam. Dia kemudian memberikan pernyataannya di hadapan awak media.

"Alhamdulillah hari ini saya dinyatakan bebas dan bersih dari narkoba dan psikotropika. Dan juga keterangan itu bisa nanti ditanya pihak Kapolsek biar real. Sekarang kondisi saya sehat Alhamdulillah dan saya siap beraktivitas lagi seperti biasa," ujar Saipul Jamil di Polsek Tambora, Senin 8 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya