Satu Anggota KKB Egianus Kogoya Diserahkan Polisi ke Kejari Wamena

Anggota KKB pelaku kekerasan di Nduga Papua diserahkan ke Kejari Wamena.
Sumber :
  • Dok. Humas Damai Cartenz

Papua – Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Nduga menyerahkan satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) inisial ED, yang dikenal dengan nama Altau ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Wamena, , Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Tersangka disebut telah melakukan tindak kriminal di Kabupaten Nduga. 

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

ED merupakan anak buah dari Egianus Kogoya, pemimpin KKB di wilayah Nduga. Altau diserahkan bersama dengan barang bukti, termasuk 1 kalung karet berwarna hitam, 1 kalung manik-manik warna hitam coklat dengan gantungan taring babi, 1 unit ponsel merek Vivo Y22 berwarna biru, dan 1 unit ponsel merek Nokia 105 berwarna biru.

Kasat Reskrim Polres Nduga, Iptu Jaya Bida Kedeng dalam keterangannya menjelaskan bahwa tahap penyerahan kedua ini dilaksanakan setelah berkas perkara dinyatakan lengkap oleh jaksa.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"Kita sudah melalui tahap dua. Sebelum penyerahan kepada jaksa, tersangka kami periksa terlebih dahulu dari segi kesehatan," ujar Kasat Reskrim Polres Nduga, Iptu Jaya Bida Kedeng, Selasa, 9 Januari 2024.

Anggota KKB pelaku kekerasan di Nduga Papua diserahkan ke Kejari Wamena.

Photo :
  • Dok. Humas Damai Cartenz
Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Iptu Jaya menjelaskan, Altau, anak buah Egianus Kogoya, diduga melanggar Pasal 340 KUHP Subsider Pasal 338 KUHP dan/atau Pasal 365 KUHP, Jo Pasal 55, Pasal 56 KUHP, dan/atau Pasal 170 KUHP. Tersangka akan ditahan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Lapas kelas II B Wamena, Kabupaten Jayawijaya, menunggu pelaksanaan mekanisme sidang oleh JPU.

Sementara itu, Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Pol Dr Faizal Ramadhani  menyebutkan, Altau ditangkap oleh Satgas Damai Cartenz di area RSUD Nabire, Provinsi Papua Tengah, pada Selasa, 19 September 2023. 

“Altau adalah anggota KKB Ndugama yang terlibat dalam pasokan amunisi,” ucap Kombes Faizal.

Selain perannya dalam pasokan amunisi, Altau disebut juga terlibat dalam serangkaian aksi penyerangan bersama Egianus Kogoya. 

“Antara lain, pada 17 Maret 2019, terjadi penyerangan terhadap anggota TNI di Kindibam,” tutur Faizal.

Lanjut Faizal, pada 16 Juli 2022, terjadi penyerangan terhadap masyarakat sipil di Kampung Nogolaid dan Kampung Yosoma Kenyam, yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia dan 2 lainnya luka-luka. Pada 19 Juli 2022, terjadi kontak tembak dengan aparat keamanan di Kampung Nogolaid, Distrik Kenyam.

“Pada 6 Januari 2023, terlibat dalam aksi penembakan terhadap Pos Kotis Brimob Satgas Damai Cartenz di Koteka. Pada 25 Juli 2022, terlibat dalam pengadangan terhadap masyarakat dan merampas ponsel di Jalan Poros Kenyam – Batas Batu, Distrik Kerepkuri,” tambahnya.

Kasatgas mengatakan bahwa pada 4 Agustus 2022, Altau juga  terlibat dalam pembakaran alat berat milik PT Tunas Jaya Irian yang menyebabkan 4 unit rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya