Asal-usul Pelat Dinas TNI Palsu Fortuner Pengemudi Arogan yang Ngaku Adik Jenderal

Fortuner dengan pelat TNI viral di sosial media
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta – Polisi mengungkap asal-usul pelat dinas TNI palsu yang digunakan PGWA, Pengemudi Fortuner arogan yang sempat cekcok dengan pengendara mobil lain di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga viral di media sosial.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Kanit 2 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Anggi Fauzi Hasibuan mengatakan PGWA merupakan warga sipil. Namun, dia memiliki seorang kakak yang merupakan Purnawirawan Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad).

"Jadi dia memang bukan anggota TNI. Kakaknya itu pada saat masih aktif sampai dengan pensiun diberikanlah pelat nomor dinas itu," kata Anggi saat dihubungi wartawan, dikutip Kamis, 18 April 2024.

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Kata Anggi, pelat dinas TNI dengan nomor 84337-00 harusnya digunakan oleh kakak PGWA. Izin penggunaan pelat dinas TNI itu pun hanya sampai tahun 2018.

Pengemudi Fortuner arogan ngaku adik Jenderal pakai pelat nomor palsu.

Photo :
  • Tangkapan layar
Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

"Ter-register di Mabes TNI dia hanya bisa menggunakan sampai 2018. Lalu pada 2019 itu dilakukan pemutihan pelat nomor dinas itu," ungkapnya.

Setelah pemutihan, pelat dinas TNI dengan nomor 84337-00 kini diterbitkan atas nama Marsda TNI Purn Asep Adang Supriyadi. Diketahui, Asep Adang merupakan dosen di Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

"2020 Pak Asep Adang ini, (pelat dinas TNI) teregister itu nama dia. Jadi tahun 2020 Pak Asep Adang, dosen di Unhan diberikan dia nomor dinas oleh Mabes TNI. Diterbitkan dengan nama Pak Asep serta jenis kendaraan yang berbeda," jelas Anggi. 

Sebelumnya diberitakan, pengemudi mobil Fortuner arogan berpelat dinas TNI palsu yang sempat cekcok dengan pengendara lain di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) telah ditangkap. Terbaru, pengemudi mobil Fortuner tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka. 

"(Status pengemudi mobil) tersangka," ucap Kanit 2 Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Anggi Fauzi Hasibuan saat dihubungi wartawan.

Viral Aksi Pengemudi Toyota Fortuner

Photo :
  • Instagram

Anggi menyebut pihaknya sudah melakukan penahanan terhadap pengemudi mobil Fortuner tersebut. 

Seperti diketahui, viral di media sosial seorang pria mengklaim adik dari seorang jenderal TNI. Salah satunya di-posting akun Instagram @jktinformasi.

Dalam postingan-nya disebut seorang pengemudi Toyota Fortuner yang menggunakan plat dinas TNI terlibat perselisihan dengan pengendara lain di jalan tol. Pria tersebut mengaku berdinas di TNI dan merupakan adik dari seorang jenderal. Mereka cek-cok pasca-kendaraannya bersenggolan di jalan lantaran menyalip dari bahu jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya